Sukses

Anak Lahir Bibir Sumbing, Jangan Terlambat Bawa ke Dokter

Mendapati anak lahir dengan bibir sumbing, orangtua sebaiknya langsung mendatangi pusat penanganan bibir dan lelangit sumbing.

Liputan6.com, Jakarta Anak yang lahir dengan kondisi bibir sumbing sebaiknya segera ditangani sedini mungkin oleh dokter yang ahli di bidang tersebut. Sedini mungkin kasus bibir sumbing ditangani, semakin baik hasilnya dari segi estetik dan fungsi bibir atau langit-langit.

Tindakan utama untuk mengatasi bibir sumbing adalah dengan operasi ketika anak berusia tiga bulan. Namun, sebelum itu dilakukan beberapa hal guna mendukung tindakan operasi bibir.

"Sambil menunggu dia berusia tiga bulan ada hal lain yang kami kerjakan, yang bisa kami kerjakan adalah meminta rekan sejawat kami dari ortodontis agar membuat celah bibrnya itu makin kecil. Saat anak dioperasi, kami akan mudah karena celah lebih kecil, hasilnya pun lebih baik," kata Supervisor Pelayanan Cleft and Craniofacial Center RSCM-FKUI, Kristaninta Bangun pada Selasa (17/7/2018).

Dokter ortodontis dengan subspesialis craniofacial akan memasangkan alat nasoalvaeolar molding pada bibir anak sumbing yang berusia beberapa minggu. "Kehadiran alat ini membantu agar jarak celah tidak terlalu jauh. Pemasangan alat ini juga mencegah kegagalan operasi atau orang awam bilangnya 'jebol' seperti itu," kata drg Julieta Pancawati SpOrt sub spesialis craniofacial yang bergabung dalam tim CCC RSCM-FKUI Jakarta.

Di beberapa daerah yang tidak bisa mengakses layanan komprehensif seperti CCC, ada tindakan yang cukup mudah yakni dengan pemasangan plester di daerah bibir.

"Gunanya untuk membantu untuk mendekatkan celah, terutama bila dilakukan secara dini, walau tidak seideal penggunaan nasoalvaeolar molding," tambah Panca lagi.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Operasi bibir sebelum anak dua tahun

Tindakan operasi bibir dilakukan ketika usia 3-6 bulan agar anak bisa berbicara dengan baik nantinya. Selain itu, anak juga bisa mengonsumsi makanan jadi lebih baik lagi.

"Jika anak datang dengan usia besar, memang bisa diobati, tapi hasilnya tidak sebaik bila early," kata Kris.

Bila penanganan dilakukan secara dini, saat nanti ia besar dilihat dari bentuk wajah yang normal, dari segi fungsional dia bisa berbicara dengan baik, tidak sengau. Penanganan pasien sumbing selesai pada saat ia selesai pertumbuhannya yakni sekitar 18-21 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.