Tips Minum Wine Ala Orang Prancis

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 17 Jul 2018, 11:30 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 17:13 WIB
Wine

Liputan6.com, Jakarta Orang Prancis terkenal karena cara mereka menikmati hidup. Namun, kecintaan mereka terhadap wine, kuliner, dan keju seakan tidak mengenal batas.

"Orang Prancis suka dan menghormati wine mereka, yang mungkin menjadi alasan ada banyak etiket seputar bagaimana cara menikmatinya," jelas Julie Bardoz yang merupakan pakar wine Prancis seperti dilansir dari New York Post, Selasa (17/7/2018).

Bardoz menjelaskan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat minum wine, agar seperti orang erancis.

1. Jangan pernah minum wine tanpa makanan

Bagi orang Prancis, wine dan makanan berjalan seiring. Itulah sebabnya Anda jarang melihat mereka mengonsumsi anggur (terutama anggur merah) tanpa hidangan lain.

2. Bersulang dengan setiap tamu secara individual

Mengangkat gelas penting di Prancis. Namun, ada cara yang benar untuk melakukannya. Jika tidak, itu bisa membawa nasib buruk.

Caranya adalah dengan menunggu semua tamu datang, lalu bersulang dengan tamu di sebelah Anda. Kemudian, jangan lupa tatap matanya dan katakan "chin chin". Lakukan itu pada semua tamu setelahnya.

Saksikan juga video menarik berikut ini: 

2 of 3

Menuangkan Wine

Wine
Tips meminum wine yang tepat seperti orang Perancis (iStockphoto)

3. Jika Anda tamu, jangan menuangkan wine di gelas sendiri

Jika Anda adalah tamu di rumah seseorang dan menemukan gelas anggur sedang kosong, jangan mencoba menuangkannya sendiri. Hal itu dianggap tidak sopan.

Sebaliknya, tunggu tuan rumah apakah Anda ingin meminum lebih banyak dan dia akan menuangkannya.

4. Jangan minta segelas penuh

Jika tuan rumah menuangkan segelas wine, mereka tidak akan mengisinya sampai penuh. Jika Anda meminta memenuhi gelas, hal itu dianggap kasar dan mereka akan beranggapan Anda adalah orang yang penuh nafsu.

Di sisi lain, jika Anda menghentikannya ketika dia masih menuangkan wine, itu akan dianggap kasar dan tidak menghargai anggurnya.

5. Jangan beli wine termurah di toko

Jika Anda diundang untuk makan malan di Prancis, biasanya akan membawa sebotol wine atau cokelat. Namun, jangan membeli yang paling murah.

Anggur sering menjadi bagian dari percakapan. Pastikan membawa yang paling disukai dan tahu banyak tentangnya.

 

3 of 3

Cara Minum Wine

Wine
Tips meminum wine yang tepat seperti orang Perancis (iStockphoto)

6. Jangan tinggalkan bekas lipstik di gelas wine

Hal ini dianggap tidak sopan. Pastikan mengenakan lipstik yang bernoda tipis dan tahan lama.

7. Boleh menaruh es batu

Beberapa ahli anggur mengerutkan dahi ketika orang memasukkan es batu dalam wine mereka. Namun, orang Prancis memiliki istilah tersebut yaitu La Piscine de Rose.

8. Manjakan diri sendiri

Ada banyak peraturan tidak tertulis tentang cara menikmati anggur yang bisa membuat orang asing tidak nyaman. Namun, BArdoz menambahkan, di akhir hari, orang Prancis menyukai wine dan bersenang-senang.

Jadi, jika Anda melanggar beberapa aturan, hal itu tidak akan merusak seluruh dunia, terutama pada hari-hari perayaan besar di sana.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by