Sukses

Ini Dia Manfaat Telanjang Kaki bagi Si Kecil

Sebuah studi mengatakan, anak kecil yang sering berjalan dengan bertelanjang kaki biasanya akan tumbuh dan berkembang lebih baik dibandingkan mereka Lyang kemana pun menggunakan sepatu atau alas kaki.

 

Liputan6.com, Jakarta Ada studi yang mengatakan bahwa anak kecil yang sering berjalan telanjang kaki biasanya tumbuh dan berkembang lebih baik dibandingkan anak yang kemana pun menggunakan sepatu atau alas kaki. Meskipun Anda tidak perlu membiarkan si kecil bertelanjang kaki setiap kali jalan-jalan.

Berikut beberapa manfaat membiarkan anak bertelanjang kaki, seperti dilansir dari laman Boldsky, Selasa (17/7/2018).

1. Meningkatkan Keterampilan Motorik Dasar

Dengan membiasakan si kecil untuk berjalan di lingkungan terbuka, seperti di taman dan di lapangan dapat meningkatkan kemampuan motoriknya lebih baik.

Ini karena kaki yang dibiasakan bebas di alam terbuka dapat membantu anak merasakan perbedaan tekstur sehingga membantu merangsang kemampuan motorik agar berkembang scara optimal.

2. Membantu Perkembangan Otot dan Ligamen Anak

Membiarkan anak berjalan dengan bertelanjang kaki ternyata dapat membantu perkembangan otot kaki dan ligamen si kecil dengan tepat. Selain itu, juga dapat menguatkan kaki anak dan membentuk lengkung telapak kakinya sehingga bentuk telapaknya tidak akan rata atau biasa disebut flatfoot. Hal tersebut membuat cara berjalannya lebih seimbang.

3. Bertelanjang Kaki Membuat Keseimbangan Anak Menjadi Lebih Baik

Melatih anak berjalan telanjang kaki dapat merangsang sensorinya. Selain itu, anak yang dibiasakan bertelanjang kaki mudah menyeimbangkan tubuh mereka karena mereka terbiasanya menggunkaan jari kaki mereka untuk mencengkeram tanah saat mereka berjalan.

4. Membuat Kaki Tetap Terasa Segar

Faktanya, membiarkan anak berjalan dengan bertelanjang kaki dan bersentuhan langsung dengan udara terbuka membuat kaki menjadi lebih segar. Selain itu dapat menjaga kelembaban yang baik untuk kulit dan kakinya.

Meskipun sebagian besar orang tua merasa membiarkan si kecil berjalan tanpa alas kaki akan menyebabkan banyak kuman, namun sebaliknya hal tersebut justru menghambat kuman atau bakteri berkembang biak karena terpapar udara segar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sirkulasi

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Berjalan tanpa alas kaki ternyata dapat meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang ujung saraf. Selain itu, anak-anak akan terbiasa dengan habitat mereka, tanah, dan lingkungan alam.

6. Mengurangi Risiko Cedera

Membiasakan anak bertelanjang kaki tentu membuat kaki dan jari kaki si kecil bebas bergerak dan bernapas. Selain itu, akan mengurangi kemungkinan cedera yang diakibatkan penggunakan sepatu atau alas kaki yang sempit.

Si kecil yang terbiasa untuk berjalan di tempat yang memiliki tekstur berbeda-beda pun akan sedikit mengalami luka saat berjalan diatas permukaan yang kasar.

7. Lebih Sensitif Terhadap Lingkungan

Bertelanjang kaki mampu membuat anak memiliki pengalaman yang berpotensi membentuk pikiran mereka. Selain itu mereka mengenali tekstur seperti sungai, rumput, kerikil, dan lumpur. Hal tersebut dapat membuat mereka menjadi lebih sensitif atau peka terhadap lingkungan. (Jihan Khaldaf)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini