Sukses

Hari Pertama Sekolah, Hal Ini Paling Bikin Stres Orangtua Sebelum Antar Anak

Momen hari pertama sekolah amat terasa mendebarkan bagi orangtua dan anak. Apalagi untuk anak yang baru pertama kali masuk sekolah, misal TK dan SD.

Liputan6.com, Jakarta Momen hari pertama sekolah amat terasa mendebarkan bagi orangtua dan anak. Apalagi untuk anak yang baru pertama kali masuk sekolah, misal TK dan SD.

Orangtua mungkin cemas, anaknya akan rewel dan menangis. Si anak juga mungkin masih malu-malu untuk berkenalan dengan teman-temannya.

Selain kecemasan yang dirasakan, ada juga hal lain yang membuat stres orangtua sebelum mengantar anak di hari pertama sekolah. Hal itu disampaikan Nia (32), ibu dari dua anak, yang tinggal di daerah Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat.

"Yang pasti ngebangunin anak. Susahnya minta ampun. Jadi, dia (anak) juga harus membiasakan diri buat bangun pagi," ujar Nia sambil alisnya berkerut tatkala berbincang dengan Health Liputan6.com, ditulis Senin (16/7/2018).

Ia juga mengaku kepalanya semakin pusing bila anaknya rewel dan mulai menangis. Nia mengambil cuti dua hari untuk mengantar dua anaknya di hari pertama sekolah hari ini, Senin, 16 Juli 2018.

Kedua anak Nia duduk di bangku TK. Anak pertama (5) masuk TK B atau TK Besar dan anak kedua (3,5) baru masuk TK A atau TK Kecil.

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bekali Anak Sebelum Masuk Sekolah

Tak hanya sibuk membangunkan anak, Nia juga harus menyiapkan sarapan.

Menghadapi Tahun Ajaran Baru 2018/2019, Nia sutak lupa mempersiapkan dua anaknya sebelum masuk hari pertama sekolah.

Ada bekal yang diajarkan Nia kepada anak-anaknya, khususnya kepada anak kedua yang baru masuk TK.

"Persiapannya kasih tahu ke anak, manfaat ke sekolah apa saja, berlatih mengenal huruf, dan coba menulis. Supaya meraka tune in (hidup, fokus belajar) pas di kelas nanti," tambah Nia, yang bekerja sebagai karyawan swasta di Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.