Sukses

Bahaya Beli Obat Antibiotik Tanpa Resep Dokter

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jayapura, Provinsi Papua menyarankan warga di kota itu agar mengurangi obat antibiotik.

 

Liputan6.com, Jakarta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jayapura, Provinsi Papua menyarankan warga di kota itu agar mengurangi obat antibiotik.

Kepala Dinkes Kota Jayapura dr. Ni Nyoman Sri Antari di Jayapura, Senin, mengatakan warga diharapkan perlu memahami penggunaan obat antibiotik dari dokter.

"Untuk penggunaan obat antibiotik sebenarnya untuk mencegah terjadi resistensi atau istilahnya kekebalan, jadi harusnya dengan resep dokter," kata Nyoman. Nyoman mengatakan, jikalau masyarakat sakit ringan bisa menggunakan obat alami atau obat yang bisa didapatkan secara bebas.

Akan tetapi, lanjut dia, khusus untuk obat antibiotik harus dikendalikan, kalau tidak nantinya di generasi selanjutnya obat antibiotik sudah tidak mempan lagi. "Dokter juga tidak semuanya memberikan obat antibiotik kepada pasien," ujarnya. Ia menambahkan, penggunaan obat antibiotik yang berlebihan bisa juga menyebabkan kuman yang ada dalam tubuh menjadi ganas karena penggunaan antibiotik yang berlebihan. (Antara/Musa Abubar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.