Sukses

Navy SEAL Thailand Unggah Rekaman Mendebarkan Proses Penyelamatan Tim Sepak Bola Thailand

Navy SEAL Thailand mengunggah rekaman luar biasa sekaligus mendebarkan dalam upaya menyelamatkan tim sepak bola Thailand yang terjebak di gua.

Liputan6.com, Thailand Pasukan khusus Navy SEAL Thailand mengunggah rekaman yang luar biasa dan mendebarkan saat berupaya menyelamatkan 12 anak laki-laki dan pelatih tim sepak bola Thailand yang terjebak di gua. Video tersebut diunggah di laman Facebook Thai Navy SEALS pada Rabu, 11 Juli 2018 dan dibagikan lebih dari 40 ribu kali.

Video menyoroti betapa berbahayanya misi penyelamatan tim sepak bola Thailand. Tim penyelamat hanya diiringi lampu-lampu sorot yang redup untuk membantu menemukan jalan di dalam gua. Kondisi gua yang gelap, sempit, dan berair menjadi tantangan yang harus dihadapi tim penyelamat.

Dalam misi itu, mereka harus membawa tandu dan perlengkapan pertolongan. Untuk membawa tandu pun tak mudah. Ini karena lorong gua yang sempit. Tim juga memasang lampu dan tali untuk berpegangan di dinding gua, seperti dilansir dari Stars at 60 News, Jumat (13/7/2018)

Tim penyelamat berjuang menuju lokasi terjebaknya tim sepak bola Thailand. Beberapa kali tim, dalam video, tampak tengah berupaya mencari jalur aman. Mereka harus melewati bebatuan yang licin dengan air dan terkendala oleh jalur yang buntu di dalam gua Thailand.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rute aman

Tim sepak bola Thailand terjebak di dalam gua Tham Luang selama 17 hari. Para penyelam terlihat berani memasuki area gua yang tergenang air.

Misi penyelamatan yang dramatis menjadi sorotan dunia. Sekitar pukul 18.00 waktu setempat pada hari Selasa, 10 Juli 2018, seluruh mata lega tatkala anak terakhir muncul dari gua dengan selamat diikuti oleh pelatih yang berusia 25 tahun.

Seluruh anggota tim sepak bola Wild Boars dibawa ambulans dan helikopter ke rumah sakit di Provinsi Thailand, Chiang Rai. Mereka akan menjalani perawatan medis.

3 dari 3 halaman

Keberhasilan seluruh tim penyelamat

Di balik misi penyelamatan tim sepak bola Thailand, ada seorang sosok yang berjasa. Dialah dokter asal Australia, Richard "Harry" Harris. Ia dipuji atas usahanya dalam misi penyelamatan.

Harris diberi penghargaan "Inspirator" oleh Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull. Namun, dokter anestesi tersebut bersikeras, misi penyelamatan yang sukses berkat upaya seluruh tim.

Ia pun berterima kasih kepada rekan-rekannya atas keberanian mereka menyelesaikan misi penyelamatan.

"Anak-anak itu termasuk paling sulit diselamatkan," kata Harris.

Harris pernah memimpin misi pemecahan rekor untuk menjelajahi sistem gua bawah air yang berbahaya di Pulau Selatan Selandia Baru. Ia berpengalaman dalam berbagai misi di seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.