Sukses

Sumber Karbohidrat Lain Pengganti Nasi Putih, Berapa Kalorinya?

Semakin ke sini, semakin banyak pilihan untuk menggeser posisi nasi putih dari dalam piring makan kita.

Liputan6.com, Jakarta Diet yang sehat dengan tetap makan nasi masih bisa dilakukan orang-orang yang sedang menjalankan pola hidup sehat. Semakin ke sini, semakin banyak pilihan untuk menggeser posisi nasi putih dari dalam piring makan kita.

Anjuran paling sering adalah mengganti nasi putih dengan nasi merah atau nasi yang berasal dari beras cokelat. Kini, di tengah majunya industri makanan menyediakan ragam kuliner yang bisa membuat orang bingung untuk memilihnya, muncul pilihan baru dengan harga yang mungkin saja jauh lebih murah dari nasi putih.

Dalam sebuah diskusi di sela-sela Nutribound 2018 bersama Nutrifood di Bogor, Jawa Barat, Head of Health Committee Nutrifood, Moch Aldis Ruslialdi SKM CNWC, membahas satu sumber karbohidrat baru yang sedang menjamuri penduduk Amerika.

"Di Amerika bikin alternatif nasi yang tidak bikin gemuk, nasi yang berasal dari kembang kol," kata Aldis. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sumber Karbohidrat Selain Nasi

Selama ini sumber karbohidrat yang familiar di telinga kita adalah nasi jagung atau quinoa rice. Sementara di Amerika, sudah berinovasi dengan kembang kol.

"Kalau kita bandingkan jumlah kalorinya akan berbeda-beda, antara nasi putih, nasi merah, dan nasi kembang kol ini," ujarnya.

Aldis, menjelaskan, nasi putih memiliki kalori sebesar 204 kkal dan 89 persennya karbohidrat. Sedangkan semangkuk nasi kembang kol, kalorinya hanya 25 kkal dan 71 persennya karbohidrat, tapi masih memiliki kandungan serat.

Dengan begitu, kehadiran nasi kembang kol membawa angin segar untuk mereka yang tak mau gemuk tapi tetap bisa makan nasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.