Usai Misi di Gua Thailand, Penyelam Gua Dokter Richard Harris Kehilangan Sang Ayah

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 12 Jul 2018, 11:00 WIB
Gua Thailand

 

Liputan6.com, Jakarta Dokter Australia yang juga penyelam gua, Richard Harris, menerima kabar duka. Sang ayah dikabarkan meninggal dunia setelah Harris berhasil menyelamatkan 12 anak yang terjebak di dalam sebuah gua di Thailand.

"Dengan kesedihan yang mendalam saya mengonfirmasi bahwa ayah Harry meninggal semalam setelah operasi penyelamatan yang sukses di Thailand," ungkap Dr Andrew Pearce dari Layanan Medis Ambulans Australia Selatan seperti dikutip dari Sydney Morning Herald, Kamis (12/7/2018).

"Dia akan segera pulang dan menghabiskan waktu bersama keluarganya. Dia telah meminta agar privasi keluarga dihormati saat ini," kata Pearce yang juga rekan Harris tersebut.

Untuk saat ini, penyebab meninggalnya sang ayah belum diketahui.

Richard "Harry" Harris sendiri menjadi salah satu nama yang dielu-elukan dalam misi penyelamatan 12 anak remaja dan seorang pelatih sepak bola mereka yang terjebak dalam gua Tham Luang di Thailand.

Dokter asal Adelaide itu melakukan perjalanan berbahaya sejauh 4 kilometer setiap harinya untuk memeriksa kesehatan para korban yang terperangkap.

Saat ini, seluruh korban berhasil dikeluarkan dari gua dan masih dalam proses karantina.

 Saksikan juga video menarik berikut ini:

2 of 2

Selamatkan 'Tubuh' Temannya

Richard Harris
Dr. Richard Harris, penyelam gua yang juga dokter di misi penyelamatan tim sepakbola remaja Thailand (Foto: Screenshot video The Age.com)

Mengutip dari News.com.au, Harris diketahui pernah mendapatkan misi untuk menyelamatkan tubuh temannya yang meninggal karena kehabisan napas di sebuah gua di dekat Gunung Gambier, Australia Selatan.

Sang kawan, Agnes Milowka kehabisan udara ketika melakukan ekspedisi tersebut. Wanita ini adalah seorang penyelam gua yang pernah menjadi pemeran pengganti di film Sanctum karya James Cameron.

Sebelum kehabisan udara, dilaporkan bahwa Milowka mengalami disorientasi dan kesulitan melakukan navigasi.

Harris diminta kepolisian untuk membawa tubuh Milowka karena kompleksitas dan regangan yang hampir delapan kilometer serta berliku-liku, di bagian bawah air dalam gua yang berbahaya.

Lanjutkan Membaca ↓