Sukses

7 Cara Mempercepat Haid Secara Alami dan Aman

Anda merasa tidak nyaman dengan masa haid yang terlalu lama datangnya? Cobalah cara alami berikut ini untuk mengatasinya.

Jakarta Haid atau menstruasi adalah hal alami yang pasti dialami oleh semua perempuan yang sudah melewati masa pubertas. Normalnya masa haid berlangsung selama seminggu dengan rentang waktu 35-40 hari.

Namun bagi sebagian wanita, ada yang mengalami hal tidak normal dari siklus menstruasinya. Ada yang jadwal menstruasinya kacau, terlambat menstruasi, hingga waktu menstruasi yang berlangsung lebih lama dari biasanya. Nah, khusus untuk yang terakhir, waktu menstruasi yang lama bisa jadi hal yang merepotkan bagi wanita. Terutama bagi mereka yang memiliki banyak kegiatan. Sebab menstruasi yang datang seringkali dibarengi dengan rasa kram yang tidak nyaman, sakit kepala, hingga mudah lelah. Untuk itulah ada beberapa wanita yang memerlukan cara mempercepat haid.

Dirangkum Liputan6.com (11/7) dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa cara alami untuk mempercepat haid yang bisa Anda coba.

Cara mempercepat selesai haid

Bagi Anda yang ingin agar haid selesai lebih cepat, ada beberapa cara baik secara medis maupun alami agar haid bisa cepat selesai. Berikut adalah penjelasannya.

1. Kontrasepsi

Menggunakan alat kontrasepsi baik suntik, spiral, atau yang diminum merupakan cara efektif untuk mempercepat masa haid Anda. Namun tentu saja sebelum Anda melakukannya, wajib untuk berkonsultasi ke dokter.

2. Meminum obat

Ada beberapa jenis obat yang bisa Anda minum untuk mempercepat masa haid Anda. Salah satunya adalah obat table asam traneksamat yang menginduksi pembekuan darah di rahim sehingga mengurangi pendarahan dan mempercepat haid. Bisa juga Anda mengonsumsi obat anti-inflamasi non steroid seperti asam mefenamat, ibuprofen, atau naproxen. Obat-obatan tersebut merupakan obat penghilang rasa sakit yang bisa Anda konsumsi untuk mempercepat haid Anda

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Menggunakan menstrual cup

Bagi Anda yang bepergian atau sedang hendak berenang, Anda bisa menggunakan menstrual cup untuk menghentikan haid Anda. Sebenarnya bukan menghentikan namun mencegah darah mengalir keluar dari vagina. Cara kerja alat ini adalah dengan menampung darah haid. Alat ini bisa dipakai hingga 12 jam.

4. Jangan menggunakan tampon

Jika ketika haid Anda menggunakan tampon, maka sebaiknya segera ganti. Menggunakan tampon malah memperpanjang masa haid Anda. Lebih baik gunakan pembalut daripada tampon.

5. Operasi

Cara ini ditempuh jika Anda biasa mengalami haid hingga lebih dari 1 minggu bahkan berminggu-minggu. Bisa jadi karena ada gangguan medis di dalam tubuh Anda.

6. Cuka apel

Cuka memang tidak bisa secara efektif untuk menghentikan haid, namun bisa digunakan untuk mengurangi volume pendarahan dan mempercepat haid Anda.

Caranya adalah :

  1. Siapkan 1 gelas air dan 2 sdm cuka apel.
  2. Aduk ke 2 bahan tersebut sampai tercampur, lalu minumlah.

7. Lemon

Sama halnya dengan cuka, asam lemon akan mengurangi volume pendarahan dan mempercepat haid Anda.

Caranya :

  1. Potong 1 buah lemon dan peras.
  2. Minum air perasan lemon tersebut.
3 dari 4 halaman

Cara mempercepat haid yang terlambat

Selain durasi haid yang lama, ada pula gangguan haid berupa haid yang terlambat datangnya. Anda sedang mengalami masalah tersebut? Berikut adalah cara alami nan mudah untuk mempercepat haid yang datang terlambat.

1. Jus wortel

Wortel memang terkenal akan manfaat dan khasiatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin A yang tinggi serta vitamin C, kalsium, dan iron membantu agar hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan.

2. Daun pepaya

Meski sebagian orang tidak suka karena rasanya yang pahit, ternyata daun pepaya memiliki banyak manfaat dan kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Daun pepaya mengandung vitamin yang cukup lengkap seperti A, B, C, D, dan E serta kalsium.

Buat ramuan dari daun pepaya dengan menggunakan bahan-bahan berikut:

  • Daun pepaya secukupnya
  • Asam jawa 2 sdm
  • Garam 1 sdt
  • Air mineral 2 gelas

Rebus semua bahan-bahan di atas dan minum ramuannya secara rutin.

3. Air kelapa hijau

Air kelapa hijau mengandung senyawa laurat yang dapat membantu melawan berbagai macam penyakit. Senyawa laurat ini berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus. Sehingga meminum air kelapa hijau bisa mengusir semua penyakit yang jadi penyebab terlambatnya menstruasi.

4. Kunyit

Kunyit tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur saja. Seringkali ditemui bahwa jamu tradisional terbuat dari kunyit. Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat yaitu kurkumin. Hal ini berguna sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Cara mempercepat haid yang terlambat dengan kunyit adalah dengan meminum jamu dengan racikan kunyit.

4 dari 4 halaman

5. Jahe

Jahe memiliki banyak kandungan yang tentu saja bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungannya antara lain adalah minyak atsiri, vitamin A, B2, B2, c, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin. Jahe juga bermanfaat sebagai cara mempercepat haid yang terlambat secara alami dengan secara rutin meminum air rebusan jahe yang dicampur madu.

6. Gaya hidup sehat

Cara mempercepat haid yang terlambat selanjutnya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Tak hanya dengan memenuhi diri dengan makanan sehat, namun juga menghindari pola hidup tidak sehat yang bisa memperlambat datangnya menstruasi seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol, seringnya bersentuhan dengan polusi, hingga stres.

7. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Agar asupan gizi tercukupi sehingga produksi hormon tidak terganggu, tentu Anda harus mulai membiasakan diri dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta kaya akan gizi. Dengan begitu sistem metabolisme dalam tubuh akan berfungsi jauh lebih baik dan haid pun bisa datang dengan teratur.

8. Istirahat teratur

Dengan istirahat yang cukup, hormon kortisol dapat diproduksi tubuh dengan baik. Hormon ini mampu meredakan stres yang jadi salah satu penyebab menstruasi datang secara terlambat.

9. Rajin berolahraga

Olahraga sudah terbukti dapat menjaga kesehatan tubuh. Anda tidak harus terlalu keras melakukan olahraga yang susah. Lakukan saja yang mudah seperti jogging, jalan kaki, bersepeda. Hal tersebut akan memperlancar aliran darah sehingga haid pun lancar.

10. Rajin minum air mineral

Cara mempercepat haid yang terlambat yang mudah tentu saja adalah dengan rajin dan teratur minum air mineral. Air mineral penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Dengan lancarnya sistem metabolisme dalam tubuh, maka haid akan lancar pula.

Cara alami tentu lebih aman untuk tubuh daripada dengan obat-obatan kimia. Oleh karena itu cobalah cara alami di atas ketika Anda sedang mengalami gangguan menstruasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.