Sukses

Si Kecil Sering Gendong Boneka di Sebelah Kiri, Kenapa Ya?

Ada fakta mengejutkan di balik alasan si kecil sering memegang seseuatu dengan tangan kiri.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang memiliki putri atau keponakan perempuan, perhatikan gerak-geriknya saat berinteraksi. Kebanyakan dari mereka ketika menggendong boneka biasa di sebelah kiri. Kenapa ya?

Rupanya anak usia balita memang lebih suka menggunakan tangan kiri mereka saat melakukan sesuatu yang berhubungan dengan perasaan dan melibatkan emosi. Alasannya berkaitan erat dengan proses "menerjemahkan" perasaan dalam otak.

Bagian otak yang memproses emosi dan perasaan dan sinyal emosi merupakan otak kanan. Gerakan dan sentuhan oleh tangan kiri menandakan aktifnya otak di bagian kanan.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemampuan sosial lebih tinggi

Rupanya hal tersebut bukan hanya terjadi pada manusia, tapi juga binatang mamalia yang cenderung menggendong anaknya di tangan kiri. Sebuah penellitan yang dilakukan tim dari University of London, Inggris juga mengungkap fakta soal perilaku anak pada bonekanya.

Penelitian ini melibatkan 98 anak, yang terdiri dari 54 anak perempuan dan 44 anak laki-laki. Diketahui anak-anak yang suka menggendong bonekanya di tangan kiri memliki kemampuan sosial yang lebih tinggi dibanding anak suka menggendong bonekanya di sebelah kanan.

Kemampuan sosial ini meliputi, kesediaan anak mengikuti aturan, keinginan untuk berbagi serta usaha untuk menyenangkan teman dan guru-guru.

 

Penulis: Mutia

Sumber: dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.