Sukses

Nonton Piala Dunia Ampuh Turunkan Stres

Bagi penggemar sepak bola, menonton pertandingan Piala Dunia sayang dilewatkan. Tak cuma seru, juga bikin stres menurun.

 

Liputan6.com, Jakarta Ajang Piala Dunia selalu ditunggu-tunggu penggemar sepak bola. Ada banyak orang yang rela mengeluarkan uang lebih agar bisa menyaksikan ajang sepak bola empat tahunan ini.

Bila Anda termasuk salah satu orang yang gemar menonton pertandingan olahraga seperti Piala Dunia ini, bersyukurlah. Sejumlah penelitian, menonton sebuah pertandingan seperti sepak bola ternyata mampu menurunkan kadar stres.

Menurut dokter Vito A. Damay dari KlikDokter, stres yang tidak ditangani dengan baik dapat mengurangi semangat bekerja dan membuat seseorang menunda hingga menghindari kegiatan yang menjadi kewajibannya.

“Bila dibiarkan, stres berkepanjangan dapat berujung pada depresi. Keadaan ini bisa memicu gangguan mental, yang berdampak lebih buruk daripada stres,” kata dr. Vito.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hobi bisa membuat stres berakhir

Lebih lanjut, Vito membeberkan sejumlah cara untuk membantu mengatasi stres, yaitu:

1. Menyempatkan diri untuk melakukan hobi. Jadwalkan hari libur rutin dan manfaatkan waktu cuti untuk melakukan hal yang menyenangkan.

2. Mencari akar masalah yang Anda hadapi. Kemudian, segera cari jalan keluarnya.

3. Prioritaskan waktu Anda bersama keluarga atau orang yang Anda sayangi.

4. Merenung, berdoa, atau beribadah pada Sang Pencipta.

Salah satu poin di atas menyebut bahwa hobi adalah jalan keluar untuk mengakhiri stres. Jika Anda hobi nonton Piala Dunia, maka beruntunglah Anda!

 

 

Penulis: Bobby Agung Prasetyo

Sumber: Klikdokter.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.