Sukses

Usia Tepat Anak Boleh Minum Susu UHT

Perhatikan usia terbaik anak boleh diberikan susu UHT (Ultra High Temperature).

 

Liputan6.com, Jakarta Susu UHT (Ultra High Temperature) jadi salah satu pilihan orangtua untuk melengkapi kebutuhan gizi anak. Namun, susu ini sebaiknya tidak diberikan pada anak yang masih berusia 12 bulan ke bawah. 

Pasalnya, sistem pencernaan anak usia tersebut masih belum mampu 'mengolah' susu sapi yang kaya protein dan mineral. 

Jika anak usia 12 bulan ke bawah diberi konsumsi susu UHT, organ ginjal yang masih belum terbentuk sempurna di dalam tubuhnya dipaksa untuk bekerja lebih keras. Hal ini membuat organ tersebut berisiko lebih tinggi untuk mengalami masalah di kemudian hari.

Tak hanya itu, pemberian susu UHT pada anak di bawah umur juga dapat meningkatkan risiko perdarahan saluran cerna.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Porsi susu UHT

Meski aman, konsumsi susu UHT tetap harus memperhatikan porsi. Menurut ahli, anak usia 1–3 tahun sebaiknya hanya diberikan susu UHT sebanyak dua atau tiga gelas berukuran 250 ml dalam sehari.

Hindari konsumsi susu UHT berlebih karena dapat membuat anak kekenyangan sehingga ia tak ingin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Hal ini dapat membuat anak kekurangan asupan gizi, sehingga proses tumbuh kembangnya bisa mengalami gangguan.

Apabila Anda hendak memberikan susu UHT pada anak, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini adalah  beberapa diantaranya:

- Jika ingin memberikan susu UHT pada anak usia 1-2 tahun, berikanlah susu UHT yang tinggi lemak (whole milk atau full cream). Anak di rentang usia tersebut membutuhkan pasokan lemak lebih banyak, agar pertumbuhan dan perkembangan otak lebih optimal.

- Hindari susu UHT dengan rasa khusus. Sebagai gantinya, pilihlah yang tidak memiliki rasa (plain). Susu yang ditambah perasa biasanya mengandung gula tambahan, yang bisa memicu terjadinya obesitas atau berat badan berlebih.

- Jika anak dicurigai memiliki alergi susu sapi, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum memberinya susu UHT.

 

Penulis:  dr. Anita Amalia Sari

Sumber: Klikdokter.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.