Sukses

Harus Olahraga, Obat Saja Tak Cukup Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa ditangani jika pasien mengimbanginya dengan berolahraga.

Liputan6.com, Jakarta Rutin minum obat saja tidak cukup untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Melakukan olahraga yang tepat secara teratur, juga salah satu cara guna menurunkan tekanan darah.

Mr Png Eng Keat, seorang fisioterapi di LIFE Center, Singapore General Hospital (SGH), mengatakan, itu mengapa saat pasien memeriksakan kondisinya, dokter akan memberikan obat diuretik atau pil air, dan menyarankan agar pasien sering-sering bergerak.

Tekanan darah tinggi yang juga dikenal sebagai pembunuh diam-diam ini jika tidak segera ditangani bisa merusak jantung dan pembuluh darah. Salah satu cara agar jantung selalu sehat adalah dengan berolahraga.

"Menjadi lebih aktif merupakan cara efektif membantu pasien tekanan darah tinggi menurunkan tekanan darahnya ke tingkat yang normal," kata Png dikutip dari Health XChange Singapore pada Senin, 9 Juli 2018.

Menurutnya, akan lebih baik lagi jika dilakukan bersamaan dengan terapi farmakologi.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikatakan Tekanan Darah Tinggi Bila...

Lebih lanjut, seseorang akan didiagnosis tekanan darah tinggi apabila tekanan darah sistolik lebih dari 140mmHg atau tekanan darah diastolik lebih dari 90mmHg seperti dikatakan Png.

Tekanan darah tinggi dipengaruhi oleh resistensi pembuluh darah perifer (pembuluh-pembuluh di luar jantung). Semakin tinggi resistensi perifer, semakin tinggi tekanan darah.

Sementara itu, olahraga jangka panjang punya kemampuan mengurangi resistensi pembuluh darah perifer melalui efek hormonal dan adaptasi struktural.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.