Sukses

Kenali Ciri Seseorang Kecanduan Gim Online

Tidak semua yang bermain gim online mengalami kecanduan. Bisa saja sekadar untuk menghiangkan stres atau mengisi waktu luang.

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua orang yang bermain gim online masuk dalam kategori kecanduan. Bermain gim online bisa sebagai cara untuk bersenang-senang, menghilangkan stres, atau mengisi waktu luang.

“Kita tidak boleh mengatakan bahwa semua yang memainkan game dikatakan kecanduan atau gangguan mental”, tutur praktisi kesehatan jiwa dari Departemen Psikiatri FKUI Jakarta, Kristiana Siste mengutip rilis Sehat Negeriku dari Kementerian Kesehatan.

Itu sebabnya penting mengetahui kategori yang mana sekadar hiburan atau sudah kecanduan gim online.

Beberapa waktu lalu World Health Organizations (WHO) menetapkan kecanduan game atau game disorder ke dalam versi terbaru International Statistical Classification of Diseases (ICD) sebagai gangguan mental untuk pertama kalinya. Dalam versi terbaru ICD-11, WHO menyebut bahwa kecanduan gim merupakan disorders due to addictive behavior atau gangguan yang disebabkan oleh kebiasaan.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kriteria seseorang kecanduan gim online

Siste menerangkan seseorang disebut mengalami kecanduan gim online bila memenuhi kriteria yang telah ditetapkan WHO, yaitu adanya perilaku berpola dengan karakteristik sebagai berikut:

1) Ada gangguan kontrol untuk melakukan permainan tersebut (tidak dapat mengendalikan diri).

2) Lebih memprioritaskan memainkan permainan tersebut dibandingkan dengan aktivitas yang seharusnya lebih diutamakan.

3) Intensitasnya semakin meningkat dan berkelanjutan meskipun ada konsekuensi atau dampak negatif yang dirasakan.

4) Perilaku berpola tersebut menyebabkan gangguan yang bermakna pada fungsi pribadi, keluarga, sosial, pendidikan dan area penting lainnya.

5) Pola tersebut sudah berlangsung selama 12 bulan.

Bila seseorang sudah dampai tahap kecanduan biasanya menunjukkan gejala putus perilaku, yakni apabila dihentikan kesenangannya (bermain gim) maka akan timbul energi negatif, mulai dari kesal, marah-marah, mengancam orang lain, bahkan menyakiti diri sendiri. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.