Sukses

Suka Kopi tapi Tak Tahan Pahit, Ini Cara Mengakalinya

Mengakali rasa pahit kopi ternyata tak harus dengan gula. Alternatif berikut bisa kamu coba.

Liputan6.com, Jakarta Kopi memiliki rasa yang nikmat dan aroma yang semerbak. Namun, minuman ini juga disertai rasa pahit yang tidak bisa dinikmati oleh semua orang. Salah satu cara mengakali rasa pahit dengan menambahkan gula.

Sayangnya, memasukkan gula dalam kopi bisa menghilangkan efek sehatnya. Untungnya, ada bahan-bahan lain yang bisa Anda campurkan dalam cangkir kopi, tanpa merusak manfaatnya.

Apa saja? Berikut 4 bahan yang membuat rasa kopi makin kaya, melansir Health, Jumat (6/7/2018)

1. Bubuk cokelat

Mocha (campuran kopi dan cokelat) adalah pilihan yang banyak ditemukan di kedai-kedai kopi, jadi kenapa tidak coba buat sendiri.

Anda bisa menambahkan 1 sampai 1 1/2 sendok makan bubuk cokelat tanpa gula ke dalam bubuk kopi. Campurkan semuanya dan pasangkan dengan sepercik krim untuk menambah kekayaan rasanya.

2. Rempah

Menambahkan sejumput rempah ke dalam bubuk kopi bisa mengubah rasa kopi yang hambar jadi sangat kaya. Pilihlah rempah-rempah yang akan menajamkan rasa seperti kayu manis, pala, lavender, dan lainnya.

Mencoba berbagai jenis rempah bisa membuat sesi ngopi Anda jadi lebih menyenangkan. Cukup tambahkan 1/4 sendok teh rempah pilihan ke dalam bubuk kopi sebelum diracik.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Ekstrak vanili

Ekstrak tidak hanya berguna untuk memanggang kue. Mereka bisa membuat perbedaan besar pada rasa kopi Anda.

Pilihlah ekstrak yang aman, seperti kelapa atau vanili. Bisa juga mencoba yang lebih berani seperti peppermint dan hazelnut.

Aduk 1 sendok teh ekstrak ke dalam bubuk kopi sebelum diracik. Rasanya, pasti nikmat.

4. Garam

Sama seperti seporsi masakan yang rasanya langsung lezat dengan sejumput garam, kopi juga mendapatkan efek yang sama. Sedikit saja garam dalam kopi sudah bisa mengubah rasanya.

Garam bisa menetralkan rasa pahit kopi, menjadikannya minuman yang lebih lembut. Tambahkan sejumput (sekitar 1/8 sendok teh) garam dalam bubuk kopi sebelum diracik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.