Sukses

Biang Keladi Payudara Terasa Gatal

Mulai dari bahan bra hingga kulit yang kering, kenali penyebab payudara terasa gatal.

Liputan6.com, Jakarta Bagi kaum hawa, pernah tidak mengalami payudara gatal? Jika pernah, Anda tidak sendiri.

Rasa gatal kerap ingin membuatmu untuk menggaruk payudara. Namun, menggaruk area yang gatal tidak disarankan karena akan menyebabkan iritasi pada kulit. P

Penyebab gatal di area payudara paling tidak ada tiga hal yakni:

- Pakaian dalam. Bra berenda, bra pengap atau bekas bra yang mengecap di tubuh akibat terlalu ketat bisa membuat wanita merasa gatal di area tersebut.

- Keringat. Biang keringat atau losion yang lengket bisa membuat payudara terasa gatal. Lalu, penggunaan wewangian dan zat lembab lain yang tidak cocok bagi kulit membuat kamu ingin garuk-garuk di area itu.

- Kulit kering. Area payudara yang kering dapat menyebabkan menjadi gatal. Terutama area di puting.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Mengatasi Payudara yang Gatal

 

Jika sudah tidak tahan dengan payudara yang gatal, gunakan punggung tangan untuk mengusapnya. Metode ini lebih aman dan nyaman. Lalu, lakukan hal berikut ya:

1. Bersihkan payudara dengan air bersih. Bilas, usahakan melakukan hal ini saat malam hari sehingga kamu tidak perlu menggunakan bra.

2. Gunakan salep atau krim untuk menghilangkan gatal pada payudara. Pastikan krim yang kamu gunakan aman dan rekomendasi dari dokter.

3. Untuk sementara hindari memakai bra, pakaian yang terlalu ketat. Pemakaian bedak juga dapat memicu iritasi.

4. Jika gatal terus berlanjut jangan ragu untuk berkonsultasi bersama dokter. Menggaruk bisa menyebabkan pengikisan lapisan kulit secara kasar. Hal ini bisa menyebabkan payudara kemerahan bahkan terluka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.