Sukses

Sayuran Ini Ampuh Kontrol Emosi Saat Haid

Tak cuma cokelat, sayuran satu ini juga bisa membantu mengontrol emosi yang kerap naik turun saat haid.

Liputan6.com, Jakarta Saat sedang haid, cokelat kerap diandalkan banyak wanita untuk membantu emosi terkendali. Namun, ada juga lho sayuran lain yang punya manfaat untuk mengendalikan emosi yang naik turun saat menstruasi.  

Baru-baru ini, para peneliti menganjurkan wanita banyak mengonsumsi brokoli saat sedang haid. Pasalnya, kandungan zat besi di dalam brokoli dapat membantu meningkatkan jumlah hormon serotonin dalam tubuh. 

 

Serotonin merupakan hormon yang bisa membantu untuk mengendalikan mood (suasana hati). Jika jumlah serotonin cukup dalam tubuh, mood jadi lebih stabil dan bahagia.

Bila kandungan serotonin dalam tubuh berkurang dan menurun, wanita jadi cepat marah dan tersinggung.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti di Universitas Massachusetts dan Harvard, Amerika Serikat selama kurang lebih 10 tahun lamanya. Dalam penelitian tersebut, wanita diminta mengonsumsi setidaknya 20 mg zat besi untuk mengatasi mood swing pada masa haidnya. Ajaibnya zat besi memang sangat berpengaruh dalam mood wanita saat sedang haid.

 

Penulis: Ivana Okta Riyani

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini