Sukses

Teknik Mudah Turunkan Berat Badan Cuma dengan Jalan Kaki

Lama dan kecepatan jalan kaki berpengaruh terhadap penurunan berat badan Anda. Begini tekniknya.

Liputan6.com, Jakarta Pasti Anda sudah tahu jalan kaki bisa membantu menjaga dan menurunkan berat badan. Namun, sudah tahukah berapa jumlah langkah per hari bila ingin menurunkan berat badan?

Center For Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik intensitas sedang 150 menit per minggu. Itu sama artinya dengan melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari.

Menurut personal trainer bersertifikat Laura Arndt salah satu cara melakukan aktivitas fisik yaitu dengan olahraga 30 menit jalan kaki cepat setiap hari. Jalan kaki cepat 30 menit itu bisa mencapai 3.000-5.000 langkah, tergantung pada kecepatan berjalan.

“Namun, jika ingin menurunkan berat badan, melakukan aktivitas jalan kaki lainnya lewat aktivitas sehari-hari,” sarannya mengutip laman Pop Sugar, Selasa (3/7/2108).

 

Arndt biasanya merekomendasikan untuk bisa mencapai 10 ribu langkah per hari. Namun, ia tidak akan meminta ini kepada semua klien, pasti akan memperhitungkan kondisi kesehatan kliennya.

“Hal terbaik yang bisa dilakukan dengan melacak dalam sehari/seminggu berhasil jalan kaki berapa langkah. Minggu depannya ditambah 10 persen. Hal ini lebih realistis,” kata Arndt.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kecepatan jalan kaki

Bagi Anda yang punya misi menurunkan berat badan dengan jalan kaki, kecepatan berjalan punya peran penting.

“Kecepatan Anda berjalan kaki punya peran besar untuk membakar banyaknya kalori yang dibakar,” kata ahli bedah dari Institute For Minimally Invasive and Robotic Surgery at K and B Surgical Center, Gregg Kai Nishi.

“Jika Anda jalan kaki lambat 10 ribu langkah, butuh waktu lama untuk bisa menurunkan berat badan,” tambahnya.

Sementara bila Anda berjalan kaki kurang dari 10 ribu langkah tapi sangat cepat, lebih bermanfaat dalam menurunkan berat badan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini