Sukses

11 Cara Menghilangkan Cegukan yang Sulit Berhenti

Cegukan yang sulit dihentikan terkadang memang menyebalkan. Oleh karena itu Anda bisa mencoba cara alami berikut untuk menghilangkannya.

Jakarta Sering merasa kesal atau terganggu karena cegukan tak kunjung berhenti? Well, bukan hanya Anda saja yang mengalaminya. Setiap orang pasti pun pernah mengalami cegukan yang sulit untuk berhenti.

Cegukan atau disebut dengan hiccup dalam bahasa inggris terjadi karena menutupnya pita suara secara tiba-tiba akibat kontraksi pada diafragma dan menghasilkan bunyi hik. Diafragma sendiri adalah membran otot pemisah rongga dada dan perut yang berperan penting pada sistem pernapasan. Cegukan bisa dialami mulai dari bayi hingga lanjut usia. Durasinya pun bermacam-macam, ada yang sebentar hanya dalam hitungan menit, namun ada pula yang berhari-hari.

Ada banyak hal yang jadi penyebab cegukan. Dirangkum Liputan6.com (2/7) berikut adalah penyebab cegukan dan cara menghilangkannya dengan aman serta mudah.

Penyebab cegukan:

  • Makan makanan pedas
  • Makan dengan cepat
  • Makan terlalu banyak
  • Minum minuman bersoda
  • Minum minuman beralkohol
  • Minum minuman panas
  • Masuk angin
  • Perubahan suhu yang ekstrim dan tiba-tiba
  • Perut kembung
  • Merokok atau menghisap asap rokok

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cegukan juga dibagi menjadi 2 jenis:

  • Cegukan ringan merupakan cegukan yang kebanyakan terjadi pada orang. Cegukan ringan hanya berlangsung sebentar atau menit.
  • Cegukan berat. Tentu saja perbedaan utamanya adalah cegukan yang dialami hingga berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Nah, bagi Anda yang mengalami hal ini harus waspada, karena bisa saja menjadi pertanda bahwa ada hal tidak beres terjadi dalam tubuh Anda. Hal yang mungkin terjadi ketika cegukan Anda keras dan lama adalah adanya gangguan pada otak, penyakit kronis, infeksi, herpes, gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, atau karena Anda sedang dalam pengaruh obat-obatan. Sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Cara menghilangkan cegukan

Seringkali saat kita cegukan, banyak orang yang menganjurkan cara menghentikan cegukan yang berbeda-beda. Bahkan Anda sampai kebingungan karena terlalu banyak cara menghentikan cegukan. Nyatanya, cara menghentikan cegukan memang beragam. Hal ini dikarenakan efek dari cara menghentikan cegukan berbeda pada setiap orang. Ada orang yang biasa menghentikan cegukan dengan menahan napas, ada juga yang menghentikan cegukan dengan cara minum air.

3 dari 4 halaman

Berikut beragam cara menghentikan cegukan

1. Menahan napas

Cara paling umum yang pasti sudah diketahui oleh semua orang adalah dengan menahan napas. Menahan napas dipercaya sebagai cara menghilangkan cegukan karena kadar karbondioksida dalam tubuh akan bertambah. Caranya dengan Anda menahan napas langsung selama yang Anda kuat.

2. Bernapas dengan kantong plastik atau kertas

Bernapas dengan kantong plastik atau kertas tujuannya sama dengan menahan napas. Yaitu agar kadar karbondioksida meningkat. Karena bernapas dengan menggunakan kantong plastik atau kertas, maka sebenarnya Anda sedang menghirup lagi karbondioksida yang dikeluarkan. Bernapas saja seperti biasa namun dengan menggunakan kantong plastik atau kertas

3. Minum air hangat

Air hangat dapat melancarkan peredaran darah dan oksigen sehingga oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi. Caranya adalah dengan meminum air hangat lalu menahan napas dengan posisi tubuh membungkuk selama yang Anda bisa. Kemudian kembalikan posisi tubuh dalam keadaan tegap masih dengan menahan napas. Baru kemudian masukkan dalam tubuh atau diminum dan bernapas seperti biasa.

4. Mengatur pernapasan

Bernapaslah dengan teratur dan benar. Hal ini agar oksigen dan karbondioksida dapat bergantian masuk dalam tubuh dengan kadar yang tepat. Caranya adalah dengan menarik napas dalam tahan sekuat yang Anda bisa lalu hembuskan.

5. Menahan napas dengan melipat kedua lutut

Menahan napas dengan melipat kedua lutut juga bisa Anda praktekkan sebagai cara menghilangkan cegukan.

 

4 dari 4 halaman

6. Headstand

Melakukan headstand memang tidak mudah. Namun dengan membalikkan tubuh maka peredaran darah dan oksigen akan terbalik.

7. Menjulurkan lidah

Menjulurkan lidah dilakukan untuk merangsang nasofaring dan saraf vagus. Saraf ini mempengaruhi otot-otot mulut, tenggorokan, dan mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma

8. Gula

Mengulum atau mengemut gula batu atau sesendok gula pasir bisa digunakan sebagai cara menghilangkan cegukan karena gula dapat merangsang otot diafragma. Kulum gula selama 5 menit lalu bisa Anda telan atau dikeluarkan.

9. Es batu

Usapkan es batu pada tenggorokan Anda perlahan-lahan akan membantu saraf menjadi lebih santai sehingga cegukan akan hilang.

10. Minyak kayu putih

Mengoleskan jeruk nipis pada leher dan bagian perut dapat menjadi cara menghilangkan cegukan. Minyak atsiri dan sensasi panasnya dapat menghilangkan cegukan.

11. Jeruk nipis

Jeruk nipis dengan banyaknya kandungan yang bermanfaat bagi tubuh juga dapat menjadi cara menghilangkan cegukan. Caranya adalah dengan meminum langsung air perasan jeruk nipis, jadi diperas langsung di mulut. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi akan menghilangkan gangguan pada saraf vagus.

Jadi, Anda seringkali mengalami kesulitan untuk menghentikan cegukan? Cobalah tips di atas!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini