Sukses

India Jadi Negara Paling Berbahaya di Dunia untuk Perempuan

India menduduki urutan pertama sebagai negara paling berbahaya di dunia bagi perempuan, diikuti sembilan negara lainnya.

Liputan6.com, India India menempati urutan pertama sebagai negara paling berbahaya di dunia bagi kaum perempuan. Temuan ini berasal dari sebuah studi baru yang dilakukan Thomson Reuters Foundation dan dirilis pada 26 Juni 2018.

Lebih dari 550 para ahli menyatakan, India adalah negara memiliki paling banyak kasus kekerasan seksual terhadap perempuan, perdagangan perempuan untuk pekerjaan rumah tangga, kerja paksa, perkawinan paksa, dan perbudakan seksual.

Jajak pendapat dilakukan antara Maret sampai Mei 2018 dengan para ahli dari Eropa, Afrika, Amerika, Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Pasifik.

Responden meliputi akademisi, staf perawatan kesehatan, pekerja non-pemerintah, pembuat kebijakan, spesialis pengembangan, dan pengamat sosial, dilansir dari Indy100, Minggu (1/7/2018).

Yang lebih memilukan, di India ada berbagai risiko yang harus dihadapi perempuan akibat adat istiadat setempat, seperti mutilasi alat kelamin perempuan, kekerasan fisik, dan perkawinan anak.

Data pemerintah setempat menunjukkan, kasus kejahatan terhadap perempuan yang dilaporkan meningkat 83 persen antara tahun 2007 dan 2016. Melihat data tersebut, ada empat kasus perkosaan yang dilaporkan setiap jam.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemerkosaan sampai dibakar hidup-hidup

India juga kerap menjadi sorotan publik dalam beberapa tahun terakhir. Ini karena adanya sejumlah kejahatan kekerasan seksual yang tinggi terhadap perempuan. Awal tahun ini, delapan pria Hindu dituduh melakukan pemerkosaan terhadap seorang gadis Muslim berusia 8 tahun.

Dalam kasus terpisah pada April 2018, seorang gadis berusia 7 tahun di kota Kotwali Nagar diperkosa dan dibunuh ketika sudah menikah. Pernah juga ribuan orang turun ke jalan untuk menyuarakan aksi protes atas kematian seorang gadis 16 tahun.

Gadis itu meninggal setelah diperkosa dan dibakar hidup-hidup di rumahnya sendiri.

"Ada pengabaian dan penghinaan terhadap perempuan di India. Dari maraknya kasus pemerkosaan dalam rumah tangga, pelecehan seksual, pembunuhan bayi perempuan menjadi tidak terhindarkan," kata Manjunath Gangadhara, seorang pejabat pemerintah negara bagian Karnataka.

3 dari 3 halaman

Negara-negara lain

Selain India, ada 9 negara lain yang juga didapuk sebagai negara paling berbahaya bagi perempuan, yaitu Afghanistan, Suriah, Somalia, Arab Saudi, Pakistan, Republik Demokratik Kongo, Yaman, Nigeria, dan Amerika Serikat.

Amerika Serikat yang masuk sebagai negara paling berbahaya urutan ke-10 di dunia bagi perempuan membuat para ahli terkejut.

Padahal, Kampanye #MeToo dan Time Up melawan pelecehan seksual dan kekerasan terhadap perempuan sedang kencang bergaung di Negeri Paman Sam ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.