Sukses

Ibu Negara Timor Leste Kunjungi RS Anak dan Bunda Harapan Kita

Ibu Negara Timor Leste Cidalia Lopes Nobre Mouzinho mengunjungi Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita , Kamis (28/6)

Liputan6.com, Jakarta Ibu Negara Timor Leste Cidalia Lopes Nobre Mouzinho mengunjungi Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita , Kamis (28/6). Kunjungan tersebut dilakukan atas kerjasama kesehatan antara kedua negara yang disepakati pada 2017 di Jenewa.

Diagendakan, Cidalia menerima presentasi tentang sejarah RSAB Harapan Kita dan program unggulan dari Direktur Utama RSAB Harapan Kita dr. Didi Danukusumo.

Selanjutnya menuju ruang Verlos Kamer (VK) atau ruang bersalin, di sana Cidalia mengunjungi ruang VK dan mendapat informasi tentang kegiatan feto maternal atau perawatan ibu dan janin yang mengalami kelainan bawaan, dikenalkan pula dengan teknologi fetoscopy. Fetoscopy merupakan teknologi paling canggih di RSAB Harapan Kita untuk memisahkan dua bayi lahir yang menempel.

Setelah itu, Cidalia mengunjungi beberapa fasilitas lainnya seperti ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU), lab genetika dan BIDIC, Radiologi, serta Poliklinik.

Persalinan di RSAB ini setiap bulannya bisa mencapai 150 hingga 200 pasien. Sementara untuk kasus paling banyak saat ini adalah kelainan jantung, kelainan otak, dan masalah saluran cerna. Hasil dari kunjungan ini akan ada kerja sama antara rumah sakit RSAB Harapan Kita dan rumah sakit di Timor Leste.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerja sama

dr. Didi mengatakan rumah sakit di sana masih banyak yang perlu dikembangkan, sehingga akan dibentuk kerja sama untuk meningkatkan kapasitas rumah sakit. Kerja sama itu salah satunya dengan mengembangkan SDM kesehatan melalui pengiriman tenaga kesehatan dari RSAB Harapan Kita ke sana, atau tenaga kesehatan di sana yang diundang ke RSAB Harapan Kita.

Goal dari ini (kunjungan Ibu Negera Timor Leste ke RSAB Harapan Kita) kami mungkin mengundang tenaga kesehatan di sana untuk kami latih di sini,” kata dr. Didi.

Kunjungan ini merupakan wujud memajukan kerja sama kesehatan antara Indonesia dan Timor Leste. Kerja sama itu disahkan berdasarkan MoU di bidang kesehatan yang ditandatangani di Jenewa untuk periode 2017-2020.

Ada lima bidang kerja sama yang disepakati, yakni, pertama, pelayanan kesehatan dan pemeriksaan laboratorium, ke dua, kerja sama di bidang farmasi dan alat kesehatan, ke tiga, peningkatan kapasitas tenaga kesehatan, ke empat, kerja sama di bidang penyakit menular, terutama di daerah perbatasan dan kesiapsiagaan pandemik ke lima, kerja sama di bidang kesehatan ibu dan anak, imunisasi, dan gizi.

Selain itu, kunjungan ini juga akan dimanfaatkan untuk membahas kinerja dan keunggulan pelayanan kesehatan di RSAB Harapan Kta.

Pada saat kunjungan, Ibu Negara Timor Leste didampingi Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Bambang Wibowo, dan Direktur Utama RSAB Harapan Kita Dr.dr. Didi Danukusumo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.