Sukses

Baca Kecerdasan Anak dari Caranya Menggendong Boneka

Ada beberapa cara unik untuk melihat kecerdasan seorang anak. Salah satunya dengan cara memerhatikan bagaimana dia memperlakukan bonekanya.

Liputan6.com, Jakarta Setiap anak cerdas di mata kedua orangtuanya. Namun, ada beberapa cara unik untuk melihat kecerdasan seorang anak. Salah satunya dengan cara memerhatikan bagaimana dia memperlakukan bonekanya.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di London, anak-anak yang suka menggendong bonekanya di lengan kiri memiliki kemampuan kognitif dan keterampilan sosial yang sangat baik.

Dalam percobaan dengan hampir 100 anak berusia empat atau lima tahun, para ilmuwan menemukan bahwa anak-anak bahkan mengenali gambar yang belum sempurna--yang terdiri dari tiga titik--sebagai wajah.

Ketika anak-anak diberi bantal kosong, mereka tidak menggendongnya seperti bayi. Namun ketika tiga titik digambar di atas bantal, mereka melihatnya sebagai wajah dan membuat gerakan seperti menggendong 'bayi.' 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fenomena bias pengasuhan kiri

"Fenomena ini, yang dikenal sebagai `bias pengasuhan kiri,` tidak hanya hadir pada manusia--ia menyebar di seluruh kerajaan hewan dan ditemukan pada spesies yang berbeda seperti gorila dan rubah terbang," jelas Dr Gilliam Forrester, salah satu penulis penelitian.

"Menggendong bayi dengan tangan sebelah kiri memungkinkan seseorang lebih efisien memerhatikan kesehatan bayi.'

Terlepas dari tangan mana yang dominan, beberapa anak akan menggendong boneka bantal di lengan kiri mereka sementara yang lain memegangnya di kanan, melansir laman Dailymail, Jumat (29/6/2018).

Anak-anak yang menggendong boneka di sebelah kiri, memberi mereka posisi optimal untuk memahami mimik wajah dibandingkan anak-anak yang menggendong dengan tangan kanan. Anak-anak itu lebih baik menyelesaikan serangkaian tes mental dan sosial yang diberikan oleh para peneliti.

Pola yang sama muncul ketika para ilmuwan memberi anak-anak boneka bayi yang sebenarnya.

"Apa yang disebut 'bias pengasuhan kiri' adalah 'hadir di awal perkembangan dan Anda tidak perlu memiliki pengalaman memegang bayi untuk mengekspresikan preferensi ini," kata Dr. Forrester.

3 dari 3 halaman

Lebih cerdas secara sosial

Ibu melakukan hal yang sama, dengan 80 persen dari mereka menggendong bayi dengan tangan kiri. Terutama selama 12 minggu pertama kehidupan anak mereka ketika bayi paling rentan dan perlu diawasi dengan ketat.

Anak-anak yang memegang boneka mereka di sebelah kiri juga cenderung mengikuti instruksi dengan lebih baik dan memiliki keinginan yang lebih tinggi untuk melakukan apa yang diperintahkan, menunjukkan bahwa keterampilan sosial mereka lebih baik.

'Yang menarik adalah bahwa anak-anak yang memegang boneka bayi dengan preferensi lengan kiri dinilai lebih tinggi pada tes kemampuan sosial, dibandingkan dengan anak-anak yang memegang dengan tangan kanan, menunjukkan bahwa menggunakan bidang visual yang terkait dengan belahan dominan untuk memproses rangsangan sosial memberi individu keuntungan kehidupan nyata," kata Dr Forrester.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.