Sukses

Gen Ini Bikin Pria Rentan Kena Serangan Jantung

Sakit jantung ternyata turut dipengaruhi oleh faktor gen. Gen yang bernama I-haplogroup ini hanya dimiliki oleh pria.

 

Liputan6.com, Jakarta Sakit jantung ternyata turut dipengaruhi oleh faktor gen. Gen yang bernama I-haplogroup ini hanya dimiliki oleh pria.

Gen ini membuat pria lebih rentan mengalami masalah jantung ketimbang wanita. Para ahli medis dari British Heart Foundation memperkirakan kalau gen ini membuat kaum pria lebih berisiko terkena penyakit jantung koroner hingga 55 persen.

Prof Peter Weissberg dari British Heart Foundation yang turut menemukan pengaruh gen terhadap jantung pria mengatakan kalau penemuan ini sangat berguna untuk mencegah masalah jantung pada pria.

"Dengan mengetahui hal ini, kaum pria harusnya lebih hati-hati menjaga kesehatannya," ucap Peter seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (28/6/2018).

Gen l-haplogroup sendiri bukanlah barang baru. Varian gen ini sudah hadir di Eropa dari wilayah Timur Tengah sekitar 25 ribu tahun yang lalu.

Meski demikian, para peneliti masih belum yakin apakah pengaruh gen tersebut terhadap kesehatan lebih besar ketimbang faktor lain seperti merokok atau gaya hidup.

"Masih banyak yang harus diteliti untuk mengetahui potensi dan pengaruh gen ini terhadap kesehatan jantung," imbuh Peter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.