Sukses

Lahir dengan Tubuh Pendek Bukan Berarti Mengalami Masalah Stunting

Stunting sering dimaknai sebagai tubuh pendek, tapi tubuh pendek bukan berarti stunting.

 

Liputan6.com, Jakarta Bagi masyarakat umum, stunting mungkin dipahami sebagai tubuh atau perawakan pendek. Namun, perawakan pendek, bukan berarti stunting.

Ditemui dalam acara "Rokok, Stunting, dan Kemiskinan" di Four Points by Sheraton, Jakarta, dokter spesialis anak Bernie Endyarni Medise dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menjelaskan stunting lebih rinci.

"Saya tidak setuju kalau stunting dimaknai berperawakan pendek. Saya merasa tubuh sendiri ini pendek (tinggi badan sekitar 160-an cm). Tapi saya bukan stunting lho," ujar Bernie beberapa hari lalu, ditulis Rabu (27/6/2018).

Stunting disebabkan adanya kekurangan nutrisi (malnutrisi) yang bersifat kronis. Asupan gizi yang sangat kurang membuat tubuh mengalami malnutrisi.

"Tubuh stunting itu tidak punya kalori cukup. Hal ini menghambat pertumbuhan dan perkembangan. Misalnya, anak yang stunting sulit menerima pembelajaran atau saat usia 2-3 tahun, dia masih susah buat belajar jalan," Bernie melanjutkan.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Metabolisme terganggu

Asupan makro nutrien dan mikro nutrien yang kurang akan mengganggu metabolisme tubuh. Pada anak yang stunting, kekebalan tubuh tidak terbentuk sempurna.

"Metabolisme terganggu karena penyerapan asupan gizi ke tubuh itu kurang," Bernie menambahkan.

Kekebalan tubuh untuk melindungi tubuh terhadap bakteri penyebab penyakit tidak kuat. Anak pun rentan sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.