Sukses

Tulis Surat Cinta untuk Diri Sendiri Bikin Wanita Makin Puas

Sebuah studi membuktikan manfaat menulis surat cinta pada diri sendiri dengan meningkatnya kepuasan wanita akan tubuhnya sendiri

 

Liputan6.com, Jakarta Menulis dengan tangan memang hal yang saat ini kerap diabaikan karena kecanggihan teknologi. Namun, sebuah penelitian menemukan dengan menulis, citra diri terutama pada perempuan akan menjadi lebih positif hanya dengan 15 menit saja.

Sebuah studi di Universitas Northwestern baru-baru ini menguji efek menulis dengan tangan pada kepuasan tubuh para wanita di perguruan tinggi.

Dilansir dari New York Post pada Rabu (27/6/2018), 151 mahasiswi diminta untuk menulis surat cinta untuk diri mereka sendiri. Sementara, 242 partisipan menulis surat yang serupa tetapi dengan sudut pandang seorang teman dekat.

Selain itu, 1158 mahasiswi menulis surat yang ditujukan untuk tubuh mereka sendiri, untuk menunjukkan rasa syukur apa yang bisa dilakukan oleh tubuh mereka. 

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengalir dan Inspiratif

Dalam studi tersebut, peneliti menemukan bahwa menulis surat semacam ini meningkatkan gambaran dan kepuasan pada tubuh mereka sendiri.

"Kami menemukan bahwa menghabiskan hanya 15 menit menulis dan memeriksa salah satu dari tiga jenis surat untuk diri sendiri dapat meningkatkan kepuasan tubuh wanita, setidaknya untuk jangka pendek," kata profesor Renne Engeln, penulis Beauty Sick dalam laporan tersebut.

"Surat-surat yang ditulis oleh wanita dalam studi ini sangat mencengangkan. Mereka mengalir dan inspiratif. Beberapa membawa air mata ke mata kita," tambah Engeln.

"Banyak peserta bertanya apakah mereka dapat membawa salinan suratnya ke rumah. Tampaknya seorang wanita yang berjuang tentang citra tubuhnya bisa mempraktikkan cara berpikir yang lebih baik dan lembut untuk tubuh mereka. Mereka mungkin membutuhkan bingkai untuk membimbingnya," papar Engeln.

Dalam beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan, menulis memiliki dampak positif pada kesehatan mental, stres, serta fungsi tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.