Sukses

Makanan Ini Kerap Dihindari, padahal Ampuh Usir Jerawat

Saat jerawat bermunculan di wajah, banyak orang menghindari yogurt.

Liputan6.com, Jakarta Saat jerawat bermunculan di wajah, banyak orang menghindari yogurt karena berbahan olahan susu. Padahal, mengonsumsi yogurt bisa mengurangi jerawat di wajah.

Yogurt merupakan salah satu sumber probiotik. Di dalam yogurt terdapat banyak bakteri baik yang tentu saja bermanfaat bagi sistem pencernaan. Kehadiran bakteri baik dalam yogurt bisa membuat imunitas tubuh meningkat. Hal ini berpengaruh ke kulit seseorang, seperti disampaikan dokter spesialis kulit dan kelamin, Whitney Bowe.

"Gangguan kulit karena peradangan seperti jerawat dan eksim kerap terjadi ketika tidak ada keseimbangan bakteri di usus mereka," kata Bowe mengungkap laman Women's Health, Selasa (25/6/2018).

Saat terjadi ketidakseimbangan di usus, zat-zat yang buruk bisa hadir di aliran darah. Ini lalu menyebabkan peradangan di tubuh, salah satunya muncul dalam bentuk jerawat.

"Jika ada ketidakseimbangan bakteri di usus, hal itu bisa berdampak ke kulit. Sementara ketika bakteri baik seimbang, kulit pun akan terlihat lebih baik," kata Bowe. 

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sumber probiotik lain

Mengingat manfaat baik dari makanan dan minuman yang kaya probiotik, Bowe, menyarankan pasiennya mengonsumsi makanan seperti yogurt, kombucha, dan sop miso.

Pastikan mengonsumsi makanan kaya probiotik setiap hari agar hasilnya terlihat lebih baik. Lalu, kombinasikan juga dengan sumber prebiotik (zat yang terkandung dalam makanan dan tidak dapat dicerna yang mendorong pertumbuhan mikroorganisme baik), seperti pisang, bawang putih, dan bawang bombai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.