Sukses

4 Kebiasaan Makan Masakan Sendiri yang Bikin Gemuk

Ada beberapa kebiasaan yang membuat orang yang biasa mengonsumsi masakan sendiri jadi gemuk.

Liputan6.com, Jakarta Makan masakan sendiri tampaknya lebih sehat ya dibanding mengonsumsi makanan di warung atau restoran kesukaan. Namun, jangan salah, orang yang mengonsumsi masakan rumahan juga bisa gemuk lho. 

Ada beberapa kebiasaan saat masak dan makan masakan yang diolah sendiri membuat berat badan bertambah alias gemuk. Selengkapnya mengutip laman Health, Selasa (26/6/2018).

1. Ngemil saat masak

Banyak orang tak sadar betapa banyaknya makanan yang masuk ke mulut saat mempersiapkan masakan. Salah seorang pasien dari ahli nutrisi Cynthia Sass mengungkapkan, saat mempersiapkan makanan biasanya sambil ngemil keju, kacang, biskuit atau bahan makanan yang akan dimasak. Paling tidak hal tersebut membuat 300-400 kalori masuk ke tubuh. 

"Jika Anda lapar saat mempersiapkan makan siang atau malam, coba makan makanan yang rendah kalori seperti mentimun," saran Cynthia. 

2. Konsumsi makanan tinggi karbohidrat

Makanan berbahahan karbohidrat seperti pasta dan nasi mudah dibuat sendiri. Jika berlebihan mengonsumsi sumber karbohidrat tentu bikin gemuk.

Cynthia menyarankan untuk menyeimbangkan dengan makanan lain seperti sayuran. Sehingga timbul perasaan kenyang.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Menambahkan bahan tertentu berlebihan

 

Bagi penggemar masakan Barat, rasa-rasanya tak bisa lepas dari keju. Berhubung masakan itu dibuat untuk diri sendiri dan keluarga jadi tak pelit membubuhkan keju. Keju kerap dianggap sebagai salah satu sumber protein. Padahal, jumlah lemak dalam keju lebih tinggi dibanding sumber protein lain seperti ayam tanpa kulit seperti disampaikan Cynthia. 

4. Santap makanan penutup terlalu banyak

Usai makan, banyak orang yang menginginkan mengonsumsi makanan manis seperti kue atau puding. Niat awal cuma satu, tapi berakhir makan tiga keping kue atau puding. 

"Dalam pengalaman saya, biasanya seseorang makan sesuatu yang manis usai makan besar terkait keinginan emosional saja. Jika memang benar-benar ingin, santap cokelat hitam saja," saran Cynthia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.