Sukses

Rahasia Terbesar Tentang Yoga yang Mencengangkan

Selama ini orang beranggapan yoga adalah olahraga yang dapat menenangkan, tapi kenyataannya...

Liputan6.com, Jakarta Umumnya, orang-orang ikut kelas yoga agar memiliki jiwa yang tenang dan damai. Namun, para peneliti di University of Manheim di Jerman memperlihatkan fakta yang bertolak belakang.

Studi terbaru mengungkapkan, yoga akan meningkatkan ego seseorang. Bukan membuat jiwa merasa tenang seperti yang diyakini selama ini.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science, peneliti melakukan analisis terhadap asumsi tentang efek yoga dan meditasi.

Mereka membandingkannya dengan prinsip-prinsip pemusatan diri yang mengatakan, aktivitas apa pun yang terkait dengan pemusatan diri akan menghasilkan penguatan diri.

Para peneliti di University of Manheim melakukan dua eksperimen. Pertama, mereka memantau 93 orang yang mengikuti kelas yoga selama 15 minggu. Selama itu, para peneliti mencatat tingkat penguatan diri orang-orang tersebut sebelum dan sesudah melakukan yoga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil dari Yoga

Hasilnya, para peneliti menemukan, orang-orang tersebut memperlihatkan tingkat penguatan diri yang lebih tinggi beberapa jam setelah melakukan yoga, dibandingkan mereka yang tidak melakukannya dalam 24 jam terakhir.

Ekperimen berikutnya melibatkan 162 pelaku meditasi, bagian dari yoga yang diambil dari berbagai grup meditasi di Facebook. Para peneliti kemudian memantau mereka selama empat minggu dan mendapatkan kesimpulan yang sama.

Para pelaku meditasi memperlihatkan tingkat penguatan diri yang lebih tinggi setelah melakukan meditasi, dibandingkan mereka tidak melakukannya dalam 24 jam terakhir. Menariknya, para peneliti juga menemukan adanya peningkatan kesejahteraan hidup dari orang-orang yang melakukan yoga atau meditasi.

Kesejahteraan hidup seseorang ikut meningkat seiring dengan naiknya tingkat penguatan diri seseorang. Penguatan diri terlihat lebih tinggi jika seseorang melakukan yoga atau meditasi.

" Selain itu, penguatan diri yang lebih besar akan memberikan manfaat bagi tingkat kesejahteraan hidup, baik tubuh dan pikiran. Sehingga, fungsi yoga dan meditasi, bukan untuk membuat ego menjadi tenang, tetapi agar mental semakin baik," tulis para peneliti.

Penulis : Cynthia Amanda Male / Dream.co.id

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Non Stop hanya di liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.