Sukses

Larangan Utama untuk Ibu Menyusui, Camkan

Sudah tepatkah ketakutan para ibu tidak makan makanan yang dipantang saat menyusui.

Liputan6.com, Jakarta Menghindari makanan tertentu selama menyusui sebenarnya tidak terlalu dianjurkan. Sebab, dari pantangan yang ditakutkan para ibu baru itu tidak didukung oleh bukti ilmiah.

Jahe dan makanan berbumbu kuning, misalkan. Para ibu takut bila mereka menyantap makanan berbahan jahe, minyak wijen, atau makanan berwarna kuning lainnya bisa membuat bayi sakit kuning.

Menurut Ahli Gizi dari Departemen Nutrisi dan Diet di Rumah Sakit Perempuan dan Anak di Singapura yang tergabung dengan Singapore Health, Kellie Kong, kondisi yang membuat kulit dan mata bayi kekuningan disebabkan oleh akumulasi bilirubin (kurasakan sel darah merah dalam tubuh), bukannya dari makanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dihindari

Begitu juga dengan telur, susu sapi, ikan, kacang tanah, kacang pohon, dan gandum. Kelli, mengatakan, bukti sampai saat ini sama sekali tidak mendukung keyakinan yang ada di kalangan para ibu menyusui bahwa akan menurunkan risiko bayi Anda mengembangkan alergi terhadap makanan ini di kemudian hari.

"Jadi, Anda dapat tetap mengonsumsinya dalam jumlah sedang," kata Kelli dikutip dari situs Health XChange Singapore pada Senin, 25 Juni 2018.

Untuk mengisi kembali persedian zat besi, ibu menyusui tidak dianjurkan menjauhi daging merah. Justru daging dan hati harus ada diet sehari-hari. Hanya saja, Kelli, menganjurkan, untuk lebih berhati-hati dan memperhatikan porsisnya karena daging merah mengandung lemak jenuh dan kolesterol.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Non Stop hanya di liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini