Sukses

FIFA Nyatakan Pemain Timnas Rusia di Piala Dunia 2018 Bebas Doping

FIFA menjawab tuduhan media Inggris yang menyebut penggunaan doping pada pemain timnas Rusia saat Piala Dunia

Liputan6.com, Jakarta Lolos dari babak penyisihan, tim nasional tuan rumah Piala Dunia dihantui kasus penggunaan doping dalam pertandingan. Sebuah media Inggris bahkan mengatakan hal tersebut ditutup- tutupi para pemain timnas Rusia.

Mengutip dari ESPN pada Senin (25/6/2018), Asosiasi Sepak Bola Dunia, FIFA menyatakan bahwa mereka tidak menemukan bukti doping pada pemain Rusia di Piala Dunia.

FIFA juga menyatakan bahwa penyelidikan yang dilakukan terhadap pemain Rusia di awal bulan lalu telah ditutup.

FIFA melakukan investigasi dugaan pelanggaran doping yang menurut beberapa sumber dilakukan oleh bek Rubin Kazan, Ruslan Kambolov dalam seleksi timnas Rusia menuju Piala Dunia.

Walaupun begitu, Kambolov mengalami cedera dan terpaksa tidak ikut dalam seleksi akhir timnas Rusia.

"Dalam proses investigasi, FIFA melihat kemungkinan bukti tanpa meninggalkan batu yang terlewat," kata badan sepak bola internasional itu dalam sebuah pernyataan.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konspirasi Penggunaan Doping

FIFA sendiri melakukan penyelidikan kemungkinan pelanggaran doping oleh para pemain sepak bola Rusia, setelah sebuah laporan dari Badan Anti-Doping Dunia menemukan lebih dari 1000 atlet Rusia di lebih dari 30 cabang olahraga, termasuk sepak bola, terlibat dalam konspirasi institusional untuk menyembunyikan hasil tes obat yang positif.

Rusia telah menolak tuduhan bahwa pihaknya menjalankan program doping yang disponsori oleh negara, dan menutup-nutupi tes atletnya di Olimpiade Musim Dingin Sochi 2014.

Walaupun begitu, federasi atletik negara tersebut, lembaga anti-doping mereka RUSADA, dan komite Paralimpik=nya tetap ditangguhkan atas tuduhan doping.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.