Sukses

5 Risiko Kesehatan yang Intai Pemain Sepak Bola

Kepala menjadi salah satu bagian tubuh yang paling rentan dalam permainan sepak bola

Liputan6.com, Jakarta Walaupun menjadi olahraga yang paling terkenal di dunia, sepak bola ternyata juga rentan akan berbagai risiko. Cedera, keram, atau patah tulang sepertinya hanyalah sedikit bahaya yang bisa saja diterima oleh para pemain sepak bola.

Mengutip Times of India pada Senin (25/6/2018), olahraga sepak bola paling tidak memiliki lima risiko pada tubuh seperti hal- hal berikut ini.

1. Risiko gegar otak

Sebuah kasus menemukan pemain sepak bola sekolah menengah yang menerima pukulan di kepala yang setara dengan 300 kali gaya gravitasi.

Ini sama saja dengan 20 kali kekuatan tabrakan mobil. Risiko gegar otak dan masalah terkait lainnya merupakan salah satu faktor paling menakutkan dalam permainan sepak bola. 

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Trauma

2. Risiko trauma encephalopathy kronis

Salah satu faktor yang paling membuat orang menjauh dari permainan sepak bola adalah risiko Chronic Traumatic Encephalopathy (CTE).

Ini adalah penyakit yang terjadi pada orang yang memiliki riwayat gegar otak. Hal tersebut membuat masalah pada kepala dan menyebabkan permasalahan perilaku.

Sebuah studi oleh Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa 87 persen dari mantan pemain sepak bola mengalami CTE.

3. Risiko penyakit neurodegeneratif

Pemain sepak bola juga rentan mengalami gangguan neurodegeneratif seperti Alzheimer dan demensia. Mereka juga tiga kali lebih mungkin meninggal akibat penyakit ini dibanding mereka yang tidak bermain sepak bola.

Mereka juga berisiko empat kali lebih rentan meninggal karena Alzheimer. Hal ini telah ditunjukkan dalam sebuah studi. Meski begitu, risiko Alzheimer pada pesepak bola  ini hanya berupa keterkaitan, bukan sebab-akibat.

 

3 dari 3 halaman

Depresi dan risiko kesehatan lainnya

4. Risiko depresi

Trauma kepala yang berulang kali bisa membuat seorang pemain sepak bola mudah terkena depresi.

5. Risiko kesehatan fisik

Terlepas dari semua risiko neurologis yang ada, para pemain tentunya juga berhadapan dengan cedera fisik berat yang rentan terjadi. Mereka mungkin saja terluka pada sendi dan ligamen pinggul, siku, dan lutut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.