Sukses

KPAI Harap Pemerintah Bantu Korban Kebakaran PKBM Karya Putra Mandiri

Selain sarana dan prasarana, pemerintah juga diminta untuk membantu pengurusan dokumen yang terbakar dalam insiden di PKBM Karya Putra Mandiri

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah harus turun tangan membantu fasiitas dan sarana prasarana para korban kebakaran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Karya Putra Mandiri, Salemba, Jakarta Pusat. Pernyataan ini ditegaskan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia dalam rilis yang diterima Health Liputan6.com pada Minggu (24/6/2018).

KPAI meminta agar pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Direktorat Pendidikan Kemasyarakatan) dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI memfasilitasi dan memberikan bantuan sarana prasarana pada PKBM Karya Putra Mandiri yang bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

"KPAI juga meminta Dinas Sosial memberikan dukungan dan bantuan perlindungan sosial bagi Rumah Singgah Karya Putra Mandiri yang selama ini menyantuni anak-anak terlantar," ujar Komisioner Bidang Pendidikan KPAI, Susianah Affandy dalam rilisnya.

Pemerintah juga diharapkan mampu membantu mengurus dokumen penting yang hangus terbakar dalam kebakaran tersebut. Hal tersebut dikarenakan, dalam pengawasan yang dilakukan KPAI, para pengelola dan tenaga pendidik tampak kebingungan dalam mencari lokasi sementara yang bisa digunakan sebagai kantor dan tempat pembelajaran.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Posko Kesehatan

Selain itu, dinas kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga diminta menugaskan tim medis di lokasi penampungan dengan fasilitas kesehatan dasar.

"Saat KPAI melakukan pengawasan ke lokasi penampungan, terdapat anak sakit dan tidak tampak adanya posko kesehatan. Saat itu ada dua orang perempuan dari Puskesmas yang tampak hanya melakukan kunjungan sedangkan ketersediaan posko kesehatan tidak tampak," tambah Susianah.

Selain itu, elemen masyarakat juga diharapkan membantu warga korban kebakaran agar memiliki tempat tinggal yang laya. Para korban yang memiliki anak-anak yang menurut KPAI harus bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik.

 

3 dari 3 halaman

Kebakaran saat Ditinggal Mudik

Kebakaran sendiri terjadi di PKBM Karya Putra Mandiri yang terletak di Jalan Percetakan Negara IV RT/RW 005/004, Rawasari, Salemba, Jakarta Pusat pada 19 Juni 2018. Insiden itu terjadi di siang hari saat pemilik sedang melakukan mudik lebaran.

Selain PKBM, sebanyak 9 rumah warga juga terbakar. 10 kepala keluarga dan 56 jiwa menjadi korban kebakaran tersebut.

Dari data yang dihimpun KPAI, korban anak-anak sebanyak 14 jiwa, sementara korban balita ada 2 anak. Para korban saat ini tinggal di tempat penampungan yang terletak di Kantor Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat.

Kebakaran tersebut menghanguskan 30 ijazah dan membuat 90 anak dan pengelola PKBM mengalami trauma karena terhentinya kegiatan belajar mengajar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.