Sukses

Koko, Gorila yang Jago Bahasa Isyarat dan Penyayang Kucing Itu Telah Mati

Karena kecerdasannya, gorila Koko menjadi salah satu primata yang paling terkenal di dunia

Liputan6.com, Jakarta Koko, salah satu gorila terpintar di dunia meninggal dunia. Primata yang dicintai oleh warga dunia terkenal karena kemampuannya dalam menggunakan bahasa isyarat dan rasa empatinya.

Gorila betina itu meninggal pada umur 46 tahun. Dia mati dalam tidurnya Selasa pagi di Cagar Gorilla Foundation di pegunungan Santa Cruz, California, Amerika Serikat.

Melansir New York Post pada Jumat (22/6/2018), Koko si gorila diyakini memiliki IQ antara 75 hingga 95 dan bisa memberikan bahasa isyarat lebih dari seribu kata. Rata-rata IQ manusia sendiri sekitar 90 hingga 110. Dia juga mengerti Bahasa Inggris.

"Koko menyentuh kehidupan jutaan orang sebagai duta untuk semua gorila dan ikon untuk komunikasi antarspesies dan empati,"tulis yayasan tersebut dalam situs resminya.

"Dia sangat dicintai dan akan sangat dirindukan," tambah mereka.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengadopsi Kucing

Koko lahir di Kebun Binatang San Fransisco. Kera cerdas dengan berat hampir 136 kilogram itu mulai belajar bahasa isyarat pada tahun 1974 ketika masih bayi, di bawah Dr. Francine "Penny" Patterson sebagai bagian dari sebuah proyek di Universitas Stanford.

Dia menghabiskan hidupnya di penangkaran dan menjadi terkenal karena kepintarannya.

Kemampuannya tersebut membuat dia menjadi sampul majalah National Geographic pada 1978, ketika dia mengambil foto dirinya sendiri di cermin, dan pada 1985 ketika anak kucing kesayangannya mati.

Selama hidupnya, gorila itu mengadopsi beberapa ekor kucing. Mereka menggunakan bahasa isyarat untuk memberi mereka nama seperti All Ball, Lipstick, dan Smoky. Pada ulang tahunnya yang ke-44, dia bahkan mendapatkan anak kucing lainnya.

Ini bahkan menginspirasi penulis untuk membuat sebuah buku anak-anak berjudul "Koko's Kitten" dan mainan dengan namanya sebagai merek.

 

 

3 dari 3 halaman

Bermain Musik

Tahun 2012, dia membuat terkejut para ilmuwan ketika memainkan alat musik tiap seperti recorder, harmonika, dan peluit. Kemampuan ini menunjukkan bahwa primata mampu mengendalikan pernapasan mereka.

"Statusnya" sebagai selebriti juga mempertemukannya dengan banyak orang terkenal seperti Betty White, Leonardo DiCaprio, dan almarhum Robby Williams.

"Dampaknya sangat dalam dan apa yang telah dia ajarkan pada kami tentang kapasitas emosional gorila dan kemampuan kognitif mereka akan terus membentuk dunia," ujar yayasan itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.