Sukses

Karena Piala Dunia, Ilmuwan Temukan Rumus Selebrasi Gol Sempurna

Memeriahkan Piala Dunia, ilmuwan di Inggris temukan sebuah rumus untuk membuat sebuah selebrasi gol yang sempurna

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia tidak hanya menyita perhatian publik dengan permainan yang ditunjukkan berbagai tim nasional dari negaranya masing-masing. Namun, mata dunia juga tertuju pada hal-hal di sekitarnya seperti kelakuan suporter, drama di depan dan belakang lapangan, hingga selebrasi gol yang dilakukan para pemainnya.

Banyak orang berdebat bagaimana sesungguhnya membuat selebrasi untuk merayakan keberhasilan mencetak gol, demi mendapatkan emosi kegembiraan yang lebih baik.

Mengutip dari The Sun pada Jumat (22/6/2018), para ilmuwan di Cambridge University, Inggris menemukan sebuah rumus dengan menuangkan data dalam penelitian mereka. Formula tersebut merupakan sebuah rumus untuk menciptakan selebrasi yang sempurna.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rumus Membuat Selebrasi Gol

Rumus tersebut adalah: GG x 15% + T x 45% + R x 35% + A 5% = 100%

Apabila Anda bingung, berikut ini penjelasannya:

GG adalah singkatan dari "Goal Gravity" yang merupakan seberapa pentingnya gol di dalam konteks pertandingan.

Contohnya, selebrasi yang dilakukan dalam babak penyisihan tentunya tidak sepenting yang dilakukan ketika mencetak gol saat pertandingan final.

T adalah singkatan dari "Theatrics" yaitu tempat para pemain menari atau melakukan koreografi dan R adalah untuk "Reaction" atau reaksi penonton. Tidak ada gunanya melakukan selebrasi apabila semua orang mengabaikannya.

Sementara A adalah "Adjustment for bias" atau penyesuaian untuk bias. Ini dikarenakan setiap orang memiliki pemain kesukaannya masing-masing dan bisa mempengaruhi mereka tentang siapa yang mencetak gol.

"Butuh waktu berjam-jam dan banyak sasaran untuk mengidentifikasi elemen kunci dari selebrasi yang sempurna," ujar Dr. Garry Gelade yang memimpin penelitian.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Tentang Menari

Gelade menambahkan yang paling sulit adalah menyeimbangkan reaksi dari penonton dibandingkan dengan gerakan dari para pemain sepakbola.

"Setelah semuanya, apa gunanya melakukan gerakan tarian meliuk-liuk tanpa mendapatkan sorakan dari tribun," ujar Gelade.

Hal ini tentunya mendapatkan tanggapan dari pemain sepakbola itu sendiri.

"Ini bukan tentang bagaimana Anda bergerak, ini tentang gairah. Itu seperti saya terus memberi tahu Daniel, tunjukkan pada penonton dan penggemarmu, gairah adalah satu-satunya cara melakukan selebrasi," ujar mantan pemain timnas Inggris, Rio Ferdinand.

Sementara striker Liverpool, Daniel Sturridge menjawab: "Ini semua tentang menari. Ini tentang mengekspresikan diri Anda dalam gaya unik kepunyaanmu."

"Ini adalah momenmu untuk menunjukkan kepada dunia gerakanmu, suatu saat tidak ada yang bisa mengambilnya darimu," tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.