Sukses

3 Penyebab Banyak Orang Jatuh Sakit Usai Lebaran

Beberapa teman absen masuk kantor karena sakit usai Lebaran. Mengapa banyak yang jatuh sakit ya usai Lebaran?

Liputan6.com, Jakarta Fasilitas kesehatan mendadak ramai dikunjungi pasien yang sakit setelah Lebaran. Padahal, banyak yang melaporkan bahwa mereka sehat-sehat saja selama sebulan berpuasa. Mengapa demikian?

Paling tidak ada tiga hal yang menyebabakan banyak orang jatuh sakit usai Lebaran. Apa saja?

1. Pola makan tidak sehat

Selama berpuasa, tubuh akan berusaha menyesuaikan, sehingga metabolisme akan diturunkan dibandingkan hari biasanya. Kondisi ini berlangsung selama 30 hari.

Saat Lebaran, biasanya Anda cenderung makan sepuasnya tanpa batasan, sehingga tubuh yang sudah beradaptasi menjadi "kewalahan" atau biasa disebut dengan overfeeding.

Kondisi overfeeding ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan dalam waktu singkat. Selain itu, makanan yang disajikan saat Lebaran umumnya cenderung tinggi kolesterol, bahkan camilannya pun tinggi gula dan garam. Sebut saja opor ayam, gulai sapi, hingga jenis kue kering seperti kastengel dan nastar. Menu makanan tersebut rentan menimbulkan masalah saluran pencernaan.

Selain itu, saat Lebaran Anda juga cenderung lebih sedikit mengonsumsi buah dan sayur. Padahal, buah dan sayur penting untuk dikonsumsi setiap hari sebagai sumber vitamin dan mineral, termasuk antioksidan. Kekurangan buah dan sayur akan menyebabkan Anda mudah terserang penyakit.

 

 

Saksikan  juga videomenarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kurang istirahat

Sebelum Lebaran, pasti banyak di antara Anda yang melakukan perjalanan mudik. Tak dapat dimungkiri, perjalanan mudik pasti mengubah jadwal istirahat Anda. Belum lagi saat tiba di kampung halaman, Anda tentu tidak akan melewatkan waktu untuk bercengkerama dengan sanak saudara hingga kadang lupa waktu.

Kondisi ini menyebabkan banyak orang jadi kurang tidur saat beberapa hari sebelum hingga beberapa hari setelah Lebaran. Padahal, saat tidur sel-sel tubuh akan beregenerasi dan organ tubuh beristirahat. Kurang tidur akan menyebabkan badan jadi tidak segar dan bugar keesokan harinya, sehingga Anda jadi mudah jatuh sakit.

 

3 dari 3 halaman

3. Kurang aktivitas fisik

Banyak orang tidak ingat atau justru malas berolahraga saat menjelang Lebaran atau beberapa hari setelah Lebaran. Akibatnya, aktivitas sehari-hari didominasi dengan duduk atau berbaring. Padahal, aktivitas fisik sangat penting dilakukan setiap hari demi menjaga kesehatan jantung dan aliran darah tetap lancar ke seluruh tubuh.

 

 

Penulis: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Sumber: klikdokter.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.