Sukses

Film Incredibles 2 Berbahaya bagi Penonton yang Epilepsi, Apa Sebab?

Sejak mulai ditayangkan di negara bagian Amerika Serikat, film Disney Pixar, Incredibles 2 memicu kejang bagi penonton yang menderita epilepsi karena efek pencahayaannya.

Liputan6.com, Amerika Serikat Sekuel animasi Disney Pixar, Incredibles 2 yang mulai tayang di seluruh dunia telah memicu kekhawatiran di antara beberapa penonton di Amerika Serikat. Efek animasi Incredibles 2 dapat memicu efek buruk terhadap penonton yang menderita epilepsi.

Anggota komunitas Epilepsy Foundation Amerika Serikat menyatakan keprihatinan tentang efek pencahayaan pada film Incredibles 2. Dalam kasus tertentu, penonton yang menderita epilepsi mengalami kejang selama film diputar.

Untuk menghindari insiden medis yang serius, Epilepsy Foundation meminta agar Disney Pixar memublikasikan peringatan bahaya adanya efek pencahayaan film Incredibles 2 di berbagai situs, media sosial, dan konten dalam film tersebut, dilansir dari laman Epilepsy Foundation, Rabu (20/6/2018).

Sekitar 3 persen penonton penderita epilepsi yang terkena paparan pencahayaan pada intensitas tertentu atau pola visual menyebabkan kejang. Kondisi ini dikenal sebagai epilepsi fotosensitif (photosensitive epilepsy).

Hal itu lebih sering terjadi pada anak-anak dan remaja, terutama penonton Incredibles 2 yang seorang pasien epilepsi biasa.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beri peringatan

Bagi penonton yang didiagnosis epilepsi fotosensitif atau hanya sensitif terhadap pencahayaan harus berhati-hati sebelum menonton Incredibles 2.

Penonton yang berencana menonton Incredibles 2 harus diberitahu pihak bioskop kalau pencahayaan pada animasi tersebut dapat memicu kejang pada beberapa penderita epilepsi.

Selama akhir pekan penayangan film, penonton berbagi foto soal adanya peringatan efek pencahayaan yang terpampang di bioskop di berbagai negara bagian Amerika Serikat.

3 dari 3 halaman

Respons dari Walt Disney

Kurator film Colin Geddes membagikan memo yang dikirim oleh Ken Caldwell, Wakil Presiden Senior Walt Disney Studios Motion Pictures kepada bioskop-bioskop di seluruh Amerika.

Memo bertanggal 15 Juni 2018 menunjukkan, Disney mengambil tindakan terhadap risiko epilepsi sejak Incredibles 2 mulai dirilis, sesuai dilansir dari Snopes.

"Telah menjadi perhatian kami, beberapa efek pencahayaan dalam film Incredibles 2 dapat memengaruhi penonton yang peka terhadap cahaya. Untuk itu, kami sarankan penonton harus berhati-hati. Pihak bioskop juga sebaiknya memberikan peringatan hal tersebut kepada penonton," tulis Ken dalam memonya.

Adapun peringatan yang tertulis di berbagai bioskop di Amerika berbunyi:

"Efek pencahayaan pada film INCREDIBLES 2 dapat memengaruhi penonton yang rentan terhadap epilepsi fotosensitif atau fotosensitivitas lainnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.