Selain Nikmat, Makan Cokelat Bikin Ingatan Tajam

Oleh Liputan6.com pada 20 Jun 2018, 09:30 WIB
Cokelat

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak suka makan cokelat? Nampaknya hanya sedikit orang yang tidak suka cokelat. Selain bisa memanjakan lidah, studi terbaru mengungkap makan cokelat hitam bisa membuat ingatan lebih baik. Kok bisa?

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa dark chocolate (cokelat hitam) dengan kakao konsentrasi tinggi, paling tidak dengan kadar 70 persen, bisa memberikan efek positif terhadap stres, inflamasi, memori, suasana hati, dan bahkan sistem imunitas tubuh seperti melansir Time, Rabu (20/6/2018).

"Studi ini menunjukkan semakin tinggi kandungan konsentrasi kakao, memiliki manfaat positif untuk kognitif, memori, suasana hati, imunitas tubuh, dan manfaat lainnya," kata penulis studi Lee S. Berk dari Loma Linda University Adventist Health Sciences Center, Amerika Serikat mengutip laman resmi universitas ini.

 

 Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

 

 

2 of 2

Senyawa flavonoid di cokelat manfaat

Cokelat
Ilustrasi cokelat (iStockphoto)

Senyawa flavonoid yang ditemukan di dalam kakao, merupakan kandungan yang bersifat anti-inflamasi. Manfaat lainnya yang termasuk meningkatkan kesehatan adalah efeknya terhadap kinerja otak.

Salah satunya meningkatkan kerja neuroplastisitas. Yakni kemampuan otak untuk menyesuaikan dan menciptakan koneksi baru yang terjadi saat kita memiliki pengalaman, belajar, dan beradaptasi dengan hal-hal baru dalam kehidupan sehari-hari.

Penelitian yang dipresentasikan dalam meeting tahunan Experimental Biology 2018 ini juga menyebutkan bahwa cokelat, meskipun rasanya pahit dan tidak seperti cokelat yang dijual secara komersial di toko-toko, bukan hanya bisa mendukung perkembangan kognitif (pikiran), tapi juga menjaga kesehatan endokrin dan kardiovaskuler.

 

Penulis: Febi Anindyakirana

Sumber: Vemale.com

Lanjutkan Membaca ↓