Pria Ini Bikin Tacos dari Daging Kaki Amputasinya Sendiri

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 18 Jun 2018, 13:00 WIB
Diperbarui 18 Jun 2018, 13:00 WIB
Ilustrasi kaki (iStockphoto)

Liputan6.com, Amerika Serikat Kabar mengejutkan datang dari seorang pria (38) yang membawa pulang kaki hasil amputasi, lalu membuat tacos--kudapan khas Meksiko yang terdiri atas gulungan atau lipatan tortila yang diisi dengan berbagai macam masakan di dalamnya--dari kaki tersebut.

Hal mengejutkan ini tentu membuat publik heboh. Hal ini bermula dari unggahan pria--yang tak diidentifikasi--di akun Reddit pada Juni 2018. Ia menceritakan pengalamannya yang membawa pulang kaki hasil amputasinya sendiri.

Kaki hasil amputasi tersebut dimasak menjadi tacos. Alhasil, unggahan yang menjadi viral. Melansir laman Snopes, Senin (18/6/2018), ada klaim yang beredar luas kalau pasien yang menjalani amputasi dapat menandatangani dokumen, yang memungkinkan mereka membawa pulang anggota tubuh hasil amputasi.

Ada beberapa rumah sakit memiliki dokumen, yang memungkinkan pasien membawa pulang anggota tubuh hasil amputasi. Namun, hal tersebut tidak bisa dilakukan bila anggota tubuh punya risiko kesehatan tertentu, seperti infeksi dan penyakit lainnya.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

2 dari 3 halaman

Minta bawa pulang kaki hasil amputasi

Amputasi
Kaki hasil amputasi dibawa pulang, lalu dimasak tacos. (Reddit Foot Tacos)

Pria, yang diyakini asal Amerika Serikat menceritakan soal kakinya yang diamputasi. Sekitar 2 tahun yang lalu, ia mengalami kecelakaan sepeda motor.

"Dokter berhasil menyelamatkan kakiku, tapi aku tidak akan pernah bisa berjalan lagi. Aku memutuskan untuk diamputasi. Lalu aku minta dokter memperbolehkan bawa pulang kaki hasil amputasi," tulisnya

Sebelum membawa pulang kaki hasil amputasi, ia menandatangani beberapa dokumen. Kaki hasil amputasinya dibawa pulang ke rumah.

Ketika ditanya, bagaimana ia bisa begitu yakin kaki hasil amputasi dibawa pulang, ia menjawab:

"Kebanyakan rumah sakit memiliki kebijakan yang mana mereka memperbolehkan pasien membawa pulang anggota tubuh hasil amputasi. Jadi, aku hanya menandatangani dokumen itu," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Bukan hal yang lazim

Ilustrasi kaki (iStockphoto)
Bawa pulang anggota tubuh hasil amputasi bukan hal yang lazim. (iStockphoto)

Menanggapi kasus kaki hasil amputasi dibawa pulang, manajer di University of Utah Hospital, Janet Cortez mengatakan, hal itu bukan praktik yang lazim.

Gagasan membawa pulang anggota tubuh yang diamputasi, apalagi memasaknya adalah tidak tepat. Para profesional medis mengatakan, hal itu tidak pernah terdengar.

"Ini bukan praktik umum di fasilitas kami," kata Janet.

Berbeda dengan Janet, Direktur Pusat Kesehatan Hukum, Etika & Hak Asasi Manusia di Boston University School of Medicine, George Annas mengatakan, pasien punya hak milik terhadap anggota tubuhnya.

"Aturan umumnya adalah Anda punya hak milik. Anda dianggap sebagai pemilik bagian tubuh," kata George pada Januari 2017. "Setelah anggota tubuh dibawa keluar dari rumah sakit, kami berharap pasien melakukan hal yang masuk akal terhadap anggota tubuh hasil amputasi (seperti menguburkan)."

Ada beberapa pembatasan di Georgia, Louisiana, dan Missouri. Ketiga negara punya undang-undang yang melarang kepemilikan pribadi atas bagian-bagian tubuh hasil amputasi.

Lanjutkan Membaca ↓