Sukses

Cukup dengan Pijat, Sakit Kepala Saat Mudik Bakal Berkurang

Sakit kepala atau pusing saat mudik Lebaran dapat berkurang dengan pijatan, yang dilakukan di beberapa titik ini.

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan panjang menuju kampung halaman saat mudik dapat membuat pemudik sakit kepala. Sakit kepala atau pusing karena terlalu lama di jalan dan macet mampu mengurangi kenyamanan mudik.

Berdasarkan Buku Saku 1, Petunjuk Praktis Toga dan Akupresur, yang diterbitkan Kementerian Kesehatan RI Tahun 2017, ada cara mengurangi sakit kepala atau pusing.

Cara tersebut dengan pemijatan pada lokasi yang letaknya di daerah kepala bagian depan, yang terletak di lekukan tulang pelipis,sejajar dengan sudut mata luar.

Anda pun bisa melakukan pemijatan sendiri. Lakukan pemijatan dengan ditekan sebanyak 30 kali hitungan.

Pemijatan untuk sakit kepala atau pusing juga bisa dilakukan di luar bagian kepala. Area tubuh yang dipijat terletak di belakangkepala. Cara memijat dengan satu ibu jari tangan, dipijat sampai ke atas batas rambut bagian belakang.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sakit kepala di puncak kepala

Bila Anda didera sakit kepala di daerah puncak dapat dilakukan pemijatanpada lokasi yang terletak di puncak kepala. Anda juga bisa memijat di area tubuh yang terletak di puncak bahu, pertengahan antara tengkuk dan pangkal lengan.

Selain itu, area punggung tangan yang terdapat tonjolan ketika ibu jari dan telunjuk dirapatkan juga jadi area untuk memijat.

Tak hanya punggung tangan, bagian punggung kaki pada cekungan antara pertemuan tulang telapak kaki ibu jari dan jari kedua kaki boleh dipijat. Sakit kepala pun berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.