Sukses

Meditasi Matahari, Bantu Tubuh Sembuhkan Diri dengan Hangatnya Mentari

Salah satu meditasi yang ada di penyembuhan sufi adalah meditasi matahari dalam solar plexus. Bagaimana cara melakukannya?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu latihan meditasi yang bisa Anda coba untuk penyembuhan diri adalah dengan meditasi matahari. Dengan teknik ini, energi matahari bisa didapat secara kimia melalui makanan dan secara magnetis melalui solar plexus, serta sumber-sumber magnet lain dalam tubuh.

Solar plexus sendiri adalah pleksus saraf mayor yang terletak di ujung sternum atau tulang dada, di atas diafragma.

Mengutip dari buku karya Linda O'Riordan yang berjudul Seni Penyembuhan Sufi ada beberapa tahap yang bisa dilakukan untuk melakukan meditasi matahari dalam solar plexus.

1. Berbaringlah dengan posisi punggung yang nyaman. Biarkan tubuh merasa rileks baik di dalam maupun luar ruangan. Bila memilih meditasi di luar ruangan, lakukan pada waktu matahari terbit dan tidak lebih dari setengah jam.

2. Pejamkan kedua mata dan fokuskan perhatian pada pernapasan. Hiruplah napas perlahan-lahan dengan lembut melalui hidung dan hembuskan lewat mulut.

3. Ketika menghirup napas, perut akan mengembang dan saat menghembuskan napas, perut akan mengempis. Perhatikan pernapasan dan kembang kempisnya perut ini. Perlahan-lahan, lepaskan dan rileks.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merasakan hangat matahari

4. Visualisasikan matahari di pagi hari. Gambarkan pancaran bola cahaya yang terang dan panas. Rasakan dan resapi alaminya sinar cahaya matahari serta energi murni yang menghangatkan tubuh dari ujung kepala hingga kaki.

Berikan waktu beberapa saat untuk menikmati hangatnya sinar mentari yang memberikan rasa ringan dan rileks.

5. Gambarkan dan tangkap bayangan matahari. Warna, cahaya, panas, serta pancaran energinya. Letakkan itu di solar plexus Anda.

Bernapaslah perlahan dan konsentrasi pada solar plexus. Kumpulkan semua pikiran, perasaan, dan energi sembari berkonsentrasi pada panas matahari di dada.

Rasakan cahaya, panas, energi, dan semua partikel magnetik yang sedang diisi ulang dan diberi energi oleh matahari.

6. Lanjutkan meditasi dan biarkan sistem tubuh Anda diisi ulang. Biarkan tubuh ditumbuhkembangkan sepenuhnya oleh energi dan cahaya matahari yang memancar ke segala arah, menyembuhkan, memberi energi, dan menghangatkan.

7. Mawas dirilah dengan pengalaman Anda dan bila sudah siap, bukalah mata secara perlahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.