Sukses

Kembung Setelah Makan Daging, Tanda Sistem Pencernaan Bermasalah

Menurut Racha Govani, perasaan kembung bisa muncul karena tanpa kita sadari, kita sudah terlalu banyak makan daging

Liputan6.com, Jakarta Merasa kembung setelah santap daging merah merupakan tanda bahwa tubuh kita tidak punya kemampuan mencerna daging dengan baik.

Bila di saat bersamaan muncul rasa lelah dan tidak enak, besar kemungkinan sistem pencernaan sedang bekerja sangat keras agar mampu mencerna daging yang kita makan itu.

Racha Govani, seorang pendiri aplikasi makan sehat Foodstand, mengimbau, agar kita tidak mengonsumsi daging dalam beberapa waktu terlebih dahulu.

Menurutnya, perasaan kembung dan lelah itu muncul lantaran tanpa disadari, kita sudah terlalu banyak makan daging.

"Sebab, salah satu alasan tubuh sulit mencerna daging, karena sudah mengonsumsinya terlalu banyak," katanya dikutip dari situs Bustle pada Sabtu, 9 Juni 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah Kembung dengan Makan yang Benar

Baik rasa kembung maupung rasa tidak enak lainnya saat makan daging bisa diredam dengan mengunyah yang benar. Kebanyakan dari kita, kata Govani, terlalu terburu-buru dalam hal menyantap apa pun sehingga perut mudah kembung.

"Saluran pencernaan lebih sulit mencerna daging jika tidak dikunyah dengan baik. Perut lebih mudah mencerna produk nabati dibanding hewani," kata Govani.

Lebih baik, kunyah hingga lembut makanan berbahan daging sebelum ditelan. Namun, ingat juga dengan porsi daging secukupnya ya agar perut tak kembung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini