Sukses

Cek, Ini Hubungan Alis Mata dengan Sifat Narsis

Tahukah kamu, ternyata ada hubungan yang cukup penting antara alis mata seseorang dengan apakah mereka narsis atau tidak.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah kamu, ternyata kamu bisa mengetahui apakah seseorang narsis atau tidak hanya dengan melihat alis mata mereka? Menurut sebuah studi baru, mereka dengan alis mata yang tebal dan tajam cenderung memiliki suatu karakter narsisme yang disebut grandiose narcissism.

Grandiose narcissism ini ditandai dengan sifat yang terlalu percaya diri, kepribadian yang asertif, dan harga diri yang membumbung tinggi.

Dalam studi ini, yang diterbitkan dalam Journal of Personality, para peneliti menganalisis 39 orang. Mereka diminta untuk melakukan tes Narcissism Personality Inventory (NPI), suatu tes untuk menilai seberapa narsis seseorang.

Peneliti lalu memfoto masing-masing sukarelawan tadi, dan meminta 28 orang lain untuk menilai mereka, dari angka 1 (tidak narsis sama sekali) sampai 8 (sangat narsis) hanya dari penampilan.

Ketika peneliti membandingkan hasil NPI dengan penilaian 28 orang tadi, mereka menemukan, sukarelawan yang hasil tes-nya narsis juga mendapatkan penilaian narsis yang tinggi dari foto wajah mereka.

Para penilai kemudian diminta untuk menilai kenarsisan para sukarelawan hanya dari bagian-bagian tertentu dari wajah mereka. Hasilnya masih tetap akurat. Mereka berhasil menemukan para narsis berdasarkan wajah bagian atas, terutama dari alis mata.

Dalam analisis berbeda, para penilai diminta untuk melihat foto 121 mahasiswa objek penelitian. Mereka diminta untuk menilai alis masing-masing mahasiswa berdasarkan kefemininan, perawatan, dan apakah alis tersebut mencolok atau tidak.

Hasil penelaian berdasarkan apakah alis itu mencolok atau tidak, sesuai dengan hasil tes NPI. Hal ini menunjukkan, orang-orang dengan grandiose narcissism memiliki alis mata yang lebih mencolok (tebal dan tajam).

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa hubungannya dengan alis?

Kenapa mereka yang narsis memiliki alis lebih mencolok? Ada kemungkinan orang-orang yagn narsis, dengan rasa percaya diri mereka yang berlebihan dan kebutuhan untuk selalu dikagumi, akan merawat dan menata alis mata mereka sedemikian rupa. Tujuannya agar mereka selalu diingat orang lain.

"Orang yang narsis akan menjaga ketebalan, ketajaman alis mata mereka agar makin mudah dikenali," ujar Miranda Giacomin, salah satu penulis studi pada The Independent, melansir Health, Sabtu (9/6/2018).

"Hal ini juga bisa memfasilitasi keinginan mereka untuk selalu diingat dan disukai oleh orang lain, yang akan mendorong penilaian positif terhadap mereka."

Hasil penelitian adalah temuan terbaru dari riset menyeluruh tentang hubungan alis mata dengan kepribadian. Penulis studi menyiratkan, para selebritis akan sulit dikenali tanpa alis mata khas mereka.

Studi sebelumnya menemukan, alis mata mempengaruhi daya tarik seseorang dan seleksi mencari pasangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.