Sukses

Antigalau Saat Sakit Sendirian Ditinggal Mudik

Ditinggal mudik dan sendirian di rumah, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika mendadak sakit.

Liputan6.com, Jakarta Lebaran semakin dekat, dan semakin banyak pula orang yang meninggalkan rumah mereka untuk pulang mudik. Termasuk juga mungkin keluarga kamu. 

Sayangnya, memang tidak semua orang bisa menikmati kemewahan mudik lebaran. Alasan keuangan dan pekerjaan bisa bikin mentok harus tetap di rumah, sendirian. Lalu bagaimana kalau kamu tiba-tiba jatuh sakit? Apa yang harus dilakukan?

Tinggal sendiri, apalagi untuk kamu yang baru mencoba, rasanya memang bisa bikin bangga dan mandiri. Tapi, rasa mandiri ini biasanya bisa hilang saat kamu jatuh sakit.

Enggak usah panik. Seandainya sakit kamu masih sekedar flu dan demam, ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar badan merasa enakan, walau tinggal sendirian.

Apa saja? Intip tips untuk saat sakit saat sendirian di bawah ini, dikumpulkan dari berbagai sumber, ditulis Jumat (8/6/2018):

1. Jangan remehkan

Mengutip Rookiemag, saat kamu sudah mulai merasa tidak enak badan, jangan sepelekan. Mulailah mengunjungi apotek atau mini market tempat kamu bisa membeli persediaan obat.

Ingat, tidak ada orang lain yang bisa kamu andalkan selain diri sendiri. Jadi, pastikan kamu punya persediaan yang lengkap.

Mulailah membeli obat-obatan untuk flu, batuk, dan demam. Sertai juga dengan vitamin. Jangan lupa juga untuk membeli termometer, dan tisu dalam jumlah besar.

2. Menyetok makanan sehat

Saat kondisi tubuh menurun, kamu butuh nutrisi sehat untuk meningkatkannya kembali. Jadi, isi kulkas dan lemari dapurmu.

Jangan cuma dengan makanan siap saji atau produk beku. Isilah lemari dapurmu dengan buah-buahan, sayuran, dan susu.

Perlu diingat, semangkuk sup ayam bisa membantu mengusir flu dan mendukung tubuh untuk kembali bugar.

Seandainya kondisi tubuh sudah terlalu lemah untuk berkeliaran seorang diri ke supermarket karena sakit, manfaatkan teknologi yang ada, seperti misalnya layanan ojek online. Di zaman canggih seperti saat ini, semua kebutuhan bisa terpenuhi hanya dari ponsel kamu.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tumpuk bantal dan selimut

Saat sakit, bisa tidur dengan nyenyak memang bukan perkara mudah. Jadi, pastikan kamu menyusun sofa atau kasur senyaman mungkin.

Mengutip Hot975online, tumpuk selimut dan bantal di sekitarmu. Tujuannya, agar kamu bisa dapat posisi senyaman mungkin.

Selain itu, pastikan juga semua yang kamu butuhkan tidak jauh dari jangkauanmu. Seperti air putih, obat, dan tisu.

4. Isi waktu

Saat sakit, kamu tentunya tidak boleh banyak bergerak. Berbaringlah di kasur atau sofa dengan tenang. Dan agar tidak bosan, pilih cara seru untuk mengisi waktu.

Lupakan dulu tugas sekolah, kuliah, atau pekerjaan. Pilihlah sesuatu yang menyenangkan, sekaligus tidak menuntut fokus penuh.

Waktu ini bisa kamu gunakan untuk maraton nonton serial kesayangan, atau, membaca novel.

Membaca buku sebenarnya adalah pilihan yang lebih baik, karena bisa membantu kamu tidur. Pastikan saja genre yang kamu pilih itu ringan dan tidak menegangkan.

3 dari 3 halaman

5. Mandi

Kata siapa orang sakit tidak boleh mandi? Mandi berendam dalam air hangat akan membantu mengusir rasa nyeri atau ngilu yang biasa muncul saat kamu sakit.

Mandi juga bisa membantu kamu merasa lebih rileks, sekaligus membersihkan tubuh dari sisa kuman yang menempel.

Pastikan saja kamu tidak berendam terlalu lama, atau sampai air jadi dingin.

6. Jangan takut minta tolong

Kamu mungkin memang tinggal sendirian, tapi bukan berarti kamu benar-benar sendirian, kan? Saat sakit semakin parah, dan membutuhkan dampingan atau pengobatan, jangan ragu untuk minta tolong.

Minta teman atau keluarga mengantar kamu ke dokter, atau membuatkanmu makanan yang sehat.

Jangan sungkan atau malu. Toh, saat sudah sehat nanti, kamu bisa membalas kebaikan mereka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.