Sukses

Menkes Nila Ungkap 4 Potensi Masalah yang Terjadi Saat Mudik

Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek mengungkapka, empat potensi masalah yang terjadi saat mudik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek mengungkapkan, ada empat masalah yang berpotensi terjadi pada pemudik saat mudik Lebaran.

"Ada empat hal yang menjadi potensi masalah saat mudik, yakni kecelakaan lalu lintas, pemudik sakit, pengemudi tidak fit, dan kurang paham soal kesehatan (kesehatan diabaikan)," ungkap Menteri Kesehatan Nila F Moeloek saat meninjau pos kesehatan di KM 88 tol Cipularang, ditulis Jumat (8/6/2018).

Sesuai dikutip dari rilis yang diterima Health Liputan6.com, untuk mengatasi permasalahan pemudik, Kementerian Kesehatan telah menyiapkan fasilitas kesehatan, pos kesehatan, Public Safety Center (PSC) 119 di sepanjang jalur mudik, terminal, bandara, pelabuhan, rest area, dan tempat wisata.

“Isu kesehatan tidak mengenal libur. Kesiapsiagaan sudah menjadi SOP dalam masa apapun. Selama masa cuti bersama dan libur Lebaran 2018, pelayanan kesehatan tetap berjalan seperi biasa,” lanjut Menkes Nila.

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga konsumsi makan

Menkes Nila juga mengimbau pemudik agar tetap menjaga konsumsi makanan selama hari raya.

"Batasi konsumsi gula, garam, dan lemak (GGL), berperilaku hidup bersih, dan sehat di hari raya," Menkes Nila melanjutkan.

Selain itu, pemudik juga perlu konsumsi sayur dan buah yang cukup serta tetap jaga kebugaran dengan rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.