Sukses

Dahsyat, Pakaian Bersih Setelah Dicuci Pakai Baking Soda

Tahukah kamu, baking soda yang seringkali digunakan saat membuat kue bisa digunakan untuk membersihkan pakaian.

Liputan6.com, Jakarta Kegunaan baking soda tidak sekadar untuk mengolah kue semata. Siapa sangka, bahan makanan satu ini bisa bikin cucian bersih dan lembut. 

Seperti dikutip dari The Spruce pada Rabu, 6 Juni 2018, beberapa masalah pada pakaian bisa diatasi dengan baking soda. Untuk itu selalu sediakan baking soda di rumah karena manfaatnya yang sangat banyak.

Berikut beberapa manfaat baking soda untuk pakaian yang mungkin belum Anda ketahui.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Baking Soda untuk Pakaian

- Mengurangi aroma tak sedapBau tak sedap pada pakaian disebabkan oleh bakteri. Bakteri bisa hilang ketika molekul deterjen memecah sel-sel bakteri pada kain untuk dibilas. Namun, deterjen yang berkualitas rendah tidak mengandung enzim khusus untuk menghilangkan bakteri dan memerlukan dorongan untuk bekerja lebih efektif.

Baking soda bisa dimanfaatkan untuk itu, yakni mengatur tingkat pH dalam air dengan menjaganya agar tidak terlalu asam atau alkalin. Dengan menambahkan 1/2 cangkir baking soda ke setiap cucian, deterjen bisa lebih efektif mengurangi bakteri.

- Meningkatkan kerja pemutihPemutih klorin sering digunakan untuk membantu menghilangkan bau dan kotoran membandal. Dalam air yang terlalu asam atau basa, pemutih membutuhkan dorongan untuk bekerja lebih efektif.

Untuk itu tambahkan 1/2 cangkir baking soda bersama dengan masing-masing 1/2 cangkir pemutih (pastikan untuk menambahkan pemutih pada waktu yang tepat). Cara ini akan mengatur tingkat pH dalam air sehingga pemutih dan dterjen akan bekerja lebih efektif.

- Membuat bahan jadi lebih lembutBaking soda membantu mengatur tingkat pH dalam air bilasan dengan menjaganya agar tidak terlalu asam atau alkalin. Menambahkan 1/2 cangkir baking soda ke setiap air bilasan bisa menyeimbangkan deterjen atau endapan mineral di dalam air. Sehingga pakaian tidak terasa kaku saat kering.

Penulis : Mutia / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.