Sukses

Apa Pentingnya Konsumsi Semangka Saat Masa Kehamilan?

Selama masa kehamilan, dianjurkan untuk rutin mengonsumsi buah yang kaya kandungan air seperti semangka

Liputan6.com, Jakarta Akibat rasa mual yang tak jarang disertai muntah-muntah yang cukup parah di awal kehamilan, membuat wanita hamil berisiko dehidrasi.

Dehidrasi saat kehamilan tentu bisa berdampak buruk pada janin. Nah, ada satu buah yang sangat pas bagi ibu hamil dengan kondisi tersebut, yaitu semangka. Buah ini sangat kaya akan air dan bermanfaat bagi ibu hamil.

Semangka rupanya bisa meringankan rasa nyeri di perut dan pembengkakan. Kandungan airnya dan gula buahnya yang tingga dapat membantu meringankan mual dan dehidrasi di pagi hari selama kehamilan. Lalu, kandungan mineralnya dapat membantu mencegah kram otot trimester ketiga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan Semangka Saat Kehamilan

Kandungan likopen yang merupakan antioksidan pada semangka juga sangat tinggi. Antioksidan ini bisa melindungi tubuh dari terhadap kanker dan penyakit kardiovaskular, serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi. Jadi sangat pas untuk menjaga kondisi tubuh ibu hamil.

Sebuah studi yang dipublikasi dalam International Journal of Gynecology and Obstetrics juga menemukan bahwa asupan likopen setiap hari bisa mengurangi kejadian preeklamsia atau tingginya tekanan darah pada ibu hamil hingga 50 persen.

Kandungan vitamin dan mineral pada semangka juga sangat tinggi, yaitu vitamin A, C dan B6, serta kalium dan magnesium. Nutrisi ini penting untuk perkembangan penglihatan, otak, sistem saraf dan serta kekebalan tubuh.

Jadi, mulai sekarang selalu sertakan semangka dalam menu harian Anda. Jaga kehamilan agar tetap sehat hingga persalinan.

Penulis : Mutia / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini