Sukses

Pesan Menkes Nila buat Pemudik yang Naik Motor dan Mobil Pribadi

Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek menyampaikan pesan untuk pemudik yang naik motor dan mobil pribadi.

Liputan6.com, Jakarta Pemudik yang membawa kendaraan (motor dan mobil) pribadi harus memerhatikan kesehatan dan istirahat yang cukup selama di jalan. Cara tersebut agar pemudik dapat berkendara dengan nyaman dan selamat.

Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek ikut menyampaikan pesan buat pemudik.

"Sebaiknya tidak menggunakan sepeda motor saat mudik. Namun, kalau terpaksa harus menggunakan sepeda motor harus membatasi barang bawaan dan menjadwalkan istirahat," pesan Menkes Nila dalam acara "Ngabuburit Sehat Bareng Menteri Kesehatan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, ditulis Rabu (6/6/2018).

Dari rilis yang diterima Health Liputan6.com, Menkes Nila juga menyampaikan, pemudik dapat istirahat selama 15 menit setelah perjalanan 4 jam menggunakan mobil. Bagi pengemudi motor, istirahat 15 menit setelah perjalanan 2 jam.

"Jangan lupa cek tekanan darah. Lakukan peregangan agar peredaran darah kembali lancar sehingga kita akan kembali segar”, lanjut Menkes Nila.

Selain itu, para pemilik kendaraan, bus, mobil, dan motor harus cek kesehatan terlebih dahulu sebelum berangkat mudik.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cek kesehatan demi keluarga

Menkes Nila pun sempat berbincang santai dengan para pengemudi bus antar kota di Terminal Kampung Rambutan. Salah seorang pengemudi bus bernama Ujang asal Garut, Jawa Barat berkesempatan mengobrol dengan Menkes Nila.

Pengemudi bus tujuan Balaraja ini mengungkapkan, motivasi terkuat untuk selalu cek kesehatan sebelum berangkat mengemudi karena sayang kepada keluarga.

“Saya sayang istri dan anak, Bu. Kita punya keluarga, makanya kita cari selamat," ujar Ujang kepada Menkes Nila.

Menkes Nila merespons jawaban Ujang. Kesadaran yang dimiliki Ujang perlu diteladani oleh setiap pengemudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.