Sukses

Berbagai Manfaat Ini Buktikan Teh Biru Tak Kalah dari yang Hijau

Jarang terdengar karena tenggelam oleh popularitas teh hijau, teh biru punya banyak manfaat

Liputan6.com, Jakarta Apabila Anda sudah merasakan manfaat dari teh hijau maupun jenis teh lainnya, mungkin ini saatnya mencoba jenis yang berbeda, yaitu teh biru.

Teh biru ini memang belum begitu populer di Indonesia. Namun, minuman ini memiliki aroma bunga yang khas dan memberikan sensasi yang mirip dengan teh hijau.

Mengutip Indiatimes pada Rabu (6/6/2018), teh biru ini terbuat dari kembang telang atau clitoria ternatea yang berasal dari kawasan Asia Tenggara, salah satunya Indonesia.

Menurut Kausshal Dugarr, pendiri dan CEO Teabox.com, banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari teh biru. Berikut di antaranya.

1. Antioksidan

Salah satu manfaat yang paling menonjol dari teh biru adalah kaya antioksidan. Senyawa ini membantu tubuh melawan radikal bebas yang beracun dan bisa menyebabkan penuaan dini. Ini jelas merupakan cara yang baik bagi detoksifikasi tubuh.

2. Anti-diabetes

Teh biru yang dikonsumsi sela waktu makan mampu menghambat asupan glukosa dari makanan dan menurunkan gula darah.

Antioksidan dalam teh juga membantu menurunkan risiko infeksi yang menyebabkan diabetes. Itu juga bagus untuk kesehatan jantung.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rambut dan kecemasan

3. Rambut dan kulit

Antioksidan juga bagus untuk rambut dan kulit. Selain itu, teh biru juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang membuat keduanya tampak lebih baik dan tidak cepat menua.

4. Memberikan energi dan tingkatkan aktivitas otak

Kembang telang adalah bunga yang bersifat nootropok atau mampu meningkatkan kemampuan kognitif manusia. Ini jelas bergua bagi kesegaran otak serta aktivitas dan fungsinya.

5. Meredakan kecemasan dan depresi

Menurut penelitian, teh biru bisa meredakan stres dan menurunkan gejala gangguan kecemasan

 

3 dari 3 halaman

Kanker dan diabetes

6. Kecantikan

Kembang telang memiliki sifat anti-glikasi yang baik utuk mencegah penuaan kulit. Teh biru juga memiliki flavonoid yang meningkatkan pertumbuhan kolagen dan mempercepat elastisitas kulit.

Ini juga baik untuk rambut karena mengandung antosianin yang meningkatkan aliran darah di kulit kepala sehingga memperkuat folikel rambut.

7. Menurunkan risiko kanker

Antioksidan dalam kembang telang juga mampu meminimalkan kerusakan besar pada sel-sel tubuh.

Makin rendah kerusakan sel, makan risiko semua jenis kanker juga ikut menurun.

8. Bagi orang dengan diabetes

Menurut sebuah penelitian, daun clitoria ternatea mampu menurunkan diabetes pada tikus.

Ini karena terhalangnya asupan glukosa pada makanan dan bermanfaat bagi orang dengan diabetes tipe 2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.