Sukses

Umur Anak Sudah 2 Tahun tapi Belum Tumbuh Gigi, Normal?

Ada anak yang sudah tumbuh banyak gigi sebelum dia berumur dua tahun. Ketika anak kita terlambat masa pertumbuhan giginya, harus bagaimana?

Liputan6.com, Jakarta Orangtua baru biasanya panik saat si Kecil belum menampakkan tanda-tanda bisa berbicara atau melihat tumbuhnya gigi di mulut mereka.

Pertumbuhan seorang anak sedang pesat-pesatnya di seribu hari pertama kelahirannya, termasuk juga pertumbuhan gigi anak.

Pertumbuhan gigi susu pada anak mulai tumbuh (erupsi) di usia sekitar enam sampai delapan bulan. Pertumbuhan tersebut akan sempurna sampai umur sekitar 2,5 sampai tiga tahun.

Kemudian ketika anak menginjak usia enam tahun, gigi susu akan mulai digantikan satu persatu dengan gigi permanen, sampai anak berusia 12 tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berapa Lama Idealnya Pertumbuhan Gigi Anak

Namun, kecepatan pertumbuhan gigi anak tidak mutlak waktunya sama. Kadang ada yang normal, lebih cepat dan ada juga yang lebih lambat.

Gigi permanen dikatakan lebih sering mengalami gangguan pada proses tumbuhnya jika dibanding dengan gigi susu.

Gangguan pada proses tumbuh kembang gigi susu maupun gigi permanen dapat memengaruhi waktu erupsi.

Bentuk kelainan akibat adanya gangguan perkembangan gigi pun baru dapat dilihat setelah gigi tersebut erupsi.

 

3 dari 3 halaman

Erupsi Gigi Anak

Variasi waktu erupsi gigi baik gigi susu maupun gigi permanen bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor lokal dan sistemik. Karena waktu erupsi gigi susu dan gigi permanen saling berkaitan, maka bila terjadi keterlambatan erupsi, gigi susu akan memengaruhi dan membuat waktu erupsi gigi permanen jadi ikut terlambat.

Faktor lain yang menyebabkan terlambat erupsinya gigi antara lain adanya gangguan pada proses tumbuh kembang, trauma, faktor nutrisi atau penyakit serius (sistemik) tertentu.

 

 

Penulis : drg. Callista Argentina / Klik Dokter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.