Sukses

Jangan Lupa Bawa Kartu JKN-KIS Saat Mudik Lebaran

Agar mempersiapkan mudik Lebaran 2018 yang lancar, pemudik dianjurkan membawa kartu JKN-KIS.

Liputan6.com, Jakarta Demi mempersiapkan mudik yang lancar, Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Arief Syaefuddin mengimbau, kartu Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) harus dibawa.

Pemudik yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dapat membawa kartunya.

"Bawa saja kartu JKN-KIS-nya, siapa tahu dibutuhkan kalau sewaktu-waktu sakit saat mudik. Jadi, biar tidak panik bila sakit. Pemudik bisa berobat ke fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama dalam perjalanan mudik," kata Arief dalam konferensi pers "Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan" di The Hook Restaurant, Jakarta, ditulis Selasa (5/6/2018).

Agar pemudik dapat menerima layanan kesehatan dengan JKN-KIS, pastikan kartu JKN-KIS-nya harus aktif.

"Kalau tidak aktif, nanti saat mudik tidak bisa digunakan," lanjutnya.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kendala penggunaan kartu JKN-KIS

Kendala penggunaan kartu JKN-KIS bisa terjadi. Misal, pemudik merasa sudah membayar iuran kartu JKN-KIS, tapi saat digunakan kartu tidak bisa digunakan.

"Untuk kasus ini, bisa dikonfirmasikan lagi lewat layanan Care Center kami di nomor 1500 400. Setelah pengaduan itu, kami akan menghubungi Cabang BPJS Kesehatan yang ada di lokasi pemudik bersangkutan," Arief menambahkan.

Pengaduan soal kendala akses BPJS tersebut dapat diatasi. Layanan Care Center buka 24 jam, termasuk hari Minggu dan libur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.